Tips Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas

Tips Mengatasi Mesin Motor Cepat PanasCara Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas ---Mesin motor cepat panas meruapakan salah satu kendala yang paling ditakuti oleh para biker yang sering melakukan perjalanan jauh. Waktu tempuh yang seharusnya bisa dilalui dengan cepat, terpaksa molor karena harus istirahat untuk mendinginkan mesin. Hal inilah yang sering di alami oleh para pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan mesin motor cepat panas atau overheat. Selain karena kurangnya perawatan pada sepeda motor itu sendiri, juga karena tumpuan beban berat yang berlebih diatas tunggangan Anda. Pada artikel sebelumnya tentang Efek Buruk Motor Overload telah dijelaskan dengan rinci bahwa beban berat akan berpengaruh kepada meningkatnya temperatur ruang bakar, sehingga mesin menjadi cepat panas.

Selain dengan mengurangi beban berat pada sepeda motor saat melakukan perjalanan, sebenarnya ada Tips dan Cara lain yang bisa dilakukan Untuk Mengatasi Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas, seperti dibawah ini:
Tips Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas

Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas

Untuk mengatasi agar mesin motor tidak cepat panas, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengganti oli mesin secara teratur. Selain berfungsi sebagai pelumas, oli juga mendinginkan komponen dalam mesin motor saat bergesekan satu sama lain. Pastikan juga jalan distribusi oli dalam motor berjalan dengan baik.

Selain oli, pastikan juga kondisi piston tidak dalam keadaan yang terlalu rapat. Piston yang terlampau rapat akan membuat seher dan piston mudah macet dan menyebabkan panas. Hal ini juga akan membuat blok mesin jadi lebih cepat rusak.

Periksa kondisi kebersihan sirip dan kepala silinder. Kalau sirip dan kepala silinder tertutup kotoran atau debu maka proses pelepasan panas mesin akan terhambat. Alhasil, mesin motor akan overheat.
Itulah sedikit Tips Otomotif tentang Tips dan Cara Untuk Mengatasi Agar Mesin Motor Tidak Cepat Panas pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger