
Baca artikel sebelumnya tentang,
Jenis dan Fasilitas Asuransi MobilKetika terjadi kecelakaan ataupun hal lainnya terhadap mobil yang Anda asuransikan, maka yang perlu dilakukan adalah klaim asuransi, agar segala pertanggungan layanan asuransi mobil tersebut bisa dicairkan. Pada tahap inilah terkadang konsumen asuransi merasa "dipersulit". Mulai dari prosedur klaim asuransi yang terkadang terkesan ribet, hingga proses pencairan klaim asuransi yang terkesan lambat, padahal belum tentu demikian. Karena masing-masing layanan asuransi memiliki term & service tersendiri. Namun, secara umum ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk Mempercepat Klaim Asuransi Mobil kesayangan Anda.
Dan berikut adalah 7 Tips dan Cara Menjalankan Prosedur Klaim Asuransi Mobil Yang Tepat, hingga klaim asuransi mobil Anda bisa dipercepat proses pencairannya.
Tips dan Cara Mempercepat Klaim Asuransi Mobil

- Buat laporan klaim sesegera mungkin. Ada beberapa kanal yang umum disediakan pihak asuransi seperti telepon, SMS, dan situs internet.
- Bikin laporan kronologis kejadian dengan jelas dan singkat. Ini untuk mempermudah surveyor untuk melakukan pengecekan.
- Siapkan dokumen polis, STNK, SIM. Sediakan juga fotokopi dokumen tersebut.
- Pastikan Anda menerima surat perintah kerja (SPK) dari asuransi berkaitan dengan perbaikan ke bengkel
- Upayakan perbaikan di bengkel rekanan untuk mempercepat pengerjaan. Pasalnya, bila dengan bengkel rekanan proses administrasi, kualitas kerja, dan ongkos perbaikan sudah standar.
- Bantu akses mencari onderdil yang dicari untuk memperbaiki mobil. Sekali lagi ini untuk mempercepat pengerjaan di bengkel.
- Terus pantau proses klaim dan pengerjaan mobil. Bisa ke pihak asuransi atau langsung ke bengkel.
|