Mengecek Keadaan Mesin Motor Berdasarkan Kondisi Busi

Mengecek Keadaan Mesin Motor Berdasarkan Kondisi BusiTips dan Cara Mengecek Kondisi Mesin Motor Berdasarkan Elektroda dan Kepala Busi ---Busi atau spark plug pada sepeda motor, selain berfungsi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang mesin, hingga menghantarkan panas keluar dari ruang pembakaran, juga berfungsi sebagai indikator kondisi pembakaran pada mesin motor. Dari fungsi indikator inilah, biasanya digunakan untuk mendeteksi keadaan atau kondisi kesehatan mesin motor.

Fungsi busi sebagai indikator keadaan pembakaran di ruang bakar mesin ini bisa terlihat pada bagian keramik elektroda dan kepala busi. Keadaan warna, kotoran, kerak yang terdapat pada keramik elektroda dan kepala busi akan mengindikasikan kondisi pengapian dan pembakaran di ruang mesin.

Baca artikel terkait,
Cara Mengecek Kondisi Busi Motor
Dan berikut adalah beberapa Kondisi Mesin Motor Berdasarkan Keadaan Elektroda dan Kepala Busi yang perlu Anda ketahui.

Cara Mengecek Mesin Motor Berdasarkan Kondisi Busi

Mengecek Keadaan Mesin Motor Berdasarkan Kondisi Busi
Kondisi Pengapian dan pembakaran diruang bakar mesin bisa dikatakan sempurna apabila keramik elektroda berwarna coklat keabu-abuan. Selain itu, di sekitar kepala dan bibir busi tidak ada penumpukan deposit, jelaga atau kerak.
Warna tidak terlalu hitam dan kering menutupi insulator dan elektroda dapat diartikan sebagai campuran udara di karburator terlalu banyak. Dapat pula digambarkan sebagai waktu pengapian yang terlambat atau salah dalam pemilihan tipe busi. Busi dingin cepat melepaskan panas, sedang jenis panas mengumpulkan dan menahan panas agar suhu pencetus api ini stabil.
Warna ini menonjol di bagian insulator atau terjadi penumpukkan arang berwarna kecoklatan agak mengilap. Kondisi ini disebabkan mesin sering menanggung beban berat atau sering melakukan akselerasi dan langsung menurunkan gas secara spontan. Namun penyebab utamanya karena sering memakai bahan bakar beroktan tinggi.
Ini menandakan pencetus api kerap menerima panas berlebih, sehingga elektroda menjadi terbakar. Kondisi busi seperti ini biasa ditemui pada motor yang dipakai di kota besar yang lalu lintasnya sering macet. Atau pada motor yang sering digeber mesinnya. Bisa jadi, gejala ini terjadi karena waktu pengapian terlalu maju dan pemilihan tipe busi yang cenderung panas. Bisa juga terjadi karena adanya detonasi lantaran oktan bahan bakarnya terlalu rendah dan terjadi penumpukkan kerak.
Kondisi ini diakibatkan setting pengapian yang tidak tepat. Bisa juga karena oktan terlalu tinggi dan motor dipacu dengan kecepatan tinggi, sehingga suhu di ruang bakar jadi overheating. Elektroda pun menjadi patah dan meleleh.
Pada motor 2-tak, kondisi seperti ini terjadi lantaran campuran oli mesin terlalu kaya atau seal oli bocor. Sedang pada motor 4-tak, penyebabnya seal katup atau katup mengalami kebocoran sehingga oli mesin ikut masuk saat proses pembakaran. Kondisi ini juga dapat terjadi karena liner silinder tergores, atau ring piston yang sudah aus atau patah.
Itulah sedikit Tips otomotif tentang Tips dan Cara Mengecek Kondisi Mesin Motor Berdasarkan Keadaan Elektroda dan Kepala Busi pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger