4 Tips dan Cara Merawat Aki Basah Mobil Biar Awet

Merawat Aki Basah MobilCara Merawat Aki Basah Mobil ---Berbeda dengan aki kering yang tidak membutuhkan perawatan, Aki basah jusstru sebaliknya. Agar Aki Basah tetap bisa berfungsi dengan baik dan awet, memang dibutuhkan perawatan yang tidak hanya sekedar mengisi air aki jika sudah kering.

Hal yang perlu diketahui juag terkait perawatan aki basah ini aalah kondisi kendaraan kita. Seperti kita ketahui bahwa pengisian arus aki basah berasal dari alternator kendaraan kita. Jika komponen pengisian arus aki yang ada di kendaraan rusak, maka pastinya akan berimbas kepada aki basah tersebut.

Khusus untuk aki basah mobil, menjaga stabilisasi arus listrik ke sangat penting. Jika arus listrik tak terjaga, maka aki akan tekor. Akibatnya, mobil mogok saat digeber di jalan, meski umur aki masih belum sampai pada batas maksimal pemakaian. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk mengetahui tips dan cara merawat aki basah pada mobil agar tetap awet dan prima.

Dan berikut adalah 4 Tips dan Cara Merawat Aki Basah Mobil Biar Awet dan prima, yang perlu nda ketahui:

1. LAKUKAN PEMERIKSAAN RUTIN
Periksa apakah ada keretakan pada bagian bodi aki, karat di bagian terminal, serta pastikan tidak ada kabel yang mengelupas. Segera bersihkan karat, tutup bagian kabel yang mengelupas. Karat pada terminal menyebabkan beban tahanan lebih besar. Walhasil, tegangan aki akan berkurang. Sebaiknya melindungi terminal aki dengan penutup dari karet.
2. PASTIKAN AIR AKI SESUAI DENGAN UKURAN
Cairan elektrolit aki merupakan bagian penting dari aki. Cairan itulah yang menghantarkan arus listrik. Berkurangnya cairan disebabkan oleh penguapan karena hawa panas mesin. Air juga bisa berkurang karena ada kerusakkan.
3. PANASI MOBIL SECARA TERATUR
Sebaiknya memanasi mesin mobil secara rutin, setidaknya 10 menit. Hal itu dimaksudkan agar arus listrik di aki terus terisi oleh alternator, sehingga kondisinya tetap stabil. Walhasil aki akan awet dan performanya tetap bagus.
4. MATIKAN SEMUA PERANGKAT ELEKTRONIK SEBELUM MEMATIKAN MOBIL
Sebaiknya mematikan semua perangkat di mobil yang menggunakan arus listrik. Hal itu dimaksudkan agar saat kembali menghidupkan mobil, arus listrik dari aki terfokus pada starter mesin saja. Walhasil aki akan lebih awet dan performanya terjaga.
Semoga tips otomotif tentang 4 Tips dan Cara Merawat Aki Basah Mobil Biar Awet diatas bisa bermanfaat bagi kita. Salam Otozones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger