Cara Mencegah Timbulnya Kerak di Ruang Bakar Mesin Motor

Cara Mencegah Timbulnya Kerak di Ruang Bakar Mesin MotorPenyebab Timbulnya Kerak di Mesin Motor ---Pernakah Anda mengalami sepeda motor yang dari pabriknya bertenaga besar, namun ketika digunakan seperti tidak bertenaga? Bisa jadi ada masalah di ruang bakar mesinnya. Karena besar kecilnya tenaga yang dihasilkan oleh sepeda motor tergantung kepada proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar mesin.

Jika proses pembakaran yang terjadi di ruang bakar mesin lancar, maka tenaga yang dihasilkan akan maksimal. Begitu juga sebaliknya, jika proses pembakaran di mesin terhambat, maka tenaga motor akan ngedrop fan seolah tidak bertenaga. Lalu, apa yang menyebabkan proses pembakaran di ruang bakar mesin terhambat?

Dari banyak kasus yang terjadi, salah satu penyebab proses pembakaran di ruang bakar mesin terhambat adalah karena disebabkan oleh adanya kerak yang terdapat di ruang bakar mesin.

PENYEBAB RUANG BAKAR MESIN BERKERAK
Ada beberapa faktor yang menyebabkan ruang bakar mesin berkerak. Kualitas bahan bakar yang buruk atau tingkat oktan yang rendah yang digunakan pada mesin sepeda motor tersebut, akan menyebabkan pembakaran timbulnya kerak. Selain itu, banyaknya unsur parafin, sulfur, dan lain-lain yang kadang ikut masuk ke dalam ruang bakar mesin juga bisa menyebabkan kerak.

Kerak di mesin motor juga bisa disebabkan oleh oli dan debu yang masuk ke ruang bakar. Kurangnya perawatan pada filter udara, atau sering terlambat mengganti oli mesin sesuai ketentuan, bisa juga menjadi faktor penyebab timbulnya kerak di mesin motor. Oleh karena itu, disarankan pemilik motor untuk selalu melakukan pencegahan. Cobalah untuk membersihkan ruang bakar mesin motor secara rutin setiap kali motor telah menempuh jarak 10 ribu kilometer. Baca lebih lanjut: Kapan Motor Harus di Servis pada artikel sebelumnya.
MENCEGAH AGAR RUANG BAKAR MESIN TIDAK BERKERAK
Untuk mencegah agar tidak terjadi kerak di ruang bakar mesin motor, sebaiknya sering mengecek seal, klep, dan segera mengganti piston dan ring piston yang telah aus. Pasalnya, bila komponen itu bermasalah, oli akan merembes ke ruang bakar. Oli tersebut akan ikut terbakar selama proses pembakaran. Selain menimbulkan asap pekat, juga menyisakan kerak di ruang bakar mesin.

Selain itu, saringan udara harus sering dibersihkan. Minimal tiga bulan sekali peranti itu harus dibersihkan. Bila sel-sel saringan telah aus, sebaiknya segera ganti. Sebab, bila itu terjadi, debu dari udara akan masuk ke saluran isap dan ikut masuk di ruang bakar. Pada saat proses pembakaran,debu yang bercampur bahan bakar ikut terbakar dan menyisakan kerak.

Hal lain yang juga patut diperhatikan adalah mengganti oli secara rutin. Dengan begitu, ketika seal atau klep di mesin bermasalah, oli yang merembes masih berkategori bagus. Walhasil, akibat yang ditimbulkan pun tidak separah oli yang telah aus atau basi. Jangan lupa menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan tingkat kompresi mesin atau yang beroktan tinggi, agar lebih aman dan bisa terbakar secara sempurna.
Inti dari apa yang telah dibahas diatas tentang Penyebab dan Cara Mencegah Timbulnya Kerak di Ruang Bakar Mesin Motor adalah kembali lagi kepada pemilik sepeda motor itu sendiri. Jika sedari awal tetap berpegang kepada buku panduan servis yang diberikan saat motor baru dibeli, tentunya kendala-kendala diatas tidak akan terjadi. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger