Memahami Arti Kode JASO MA2 Pada Oli Mesin Sepeda Motor

Oli JASO MA2Memahami Arti Kode JASO MA2 Pada Oli Mesin Sepeda Motor ---Sering kita mendengar istilah "JASO" pada merk oli sepeda motor. Namun sebagian tidak mengerti apa maksud dari kode tersebut.

Pada dasarnya, istilah JASO merupakan kode oli sepeda motor standarisasi Jepang. JASO sendiri merupakan singkatan dari "Japan Automobile Standard Organization". Mengiringi kata JASO, tertulis juga kode di belakangnya seperti MA atau JASO MB. Kode tersebut menunjukkan peruntukan atau fungsi oli tersebut untuk suatu jenis sepeda motor.

JASO MA diperuntukkan untuk sepeda motor dengan kopling basah. Maksudnya motor dengan konstruki rumah kopling terendam oli. Sedang JASO MB untuk sepeda motor kopling kering. Seperti skubek yang koplingnya tidak terendam oli.

Seiring perkembangan teknologi, spesifikasi JASO MA untuk sepeda motor tipe bebek dan motor sport terus bergerak. Dari MA, MA1 sampai yang paling terbaru adalah MA2. Hampir semua pelumas terbaru menggunakan standarisasi JASO MA2. Lalu, apa maksud dan Arti Kode JASO MA2 Pada Oli Mesin Sepeda Motor tersebut?

Perbedaan kentara pada masing-masing jenis kode tersebut hanya terletak pada zat Aditif-nya saja. Zat Aditif adalah bahan kimia yang ditambahkan untuk meningkatkan kualitas pelumas. Dan tentunya JASO MA2 jadi lebih baik dari JASO MA. Pada oli dengan spesifikasi JASO MA2 kemampuan melumasinya jauh lebih baik dari JASO MA. Tapi di sisi lain tidak mengganggu kinerja kopling, kampas kopling tetap tidak mudah selip.

Itulah sedikit informasi tentang cara Memahami Arti Kode JASO MA2 Pada Oli Mesin Sepeda Motor kali ini. Semoga bermanfaat!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger