Tips Perawatan Kabel Gas Motor Matic Agar Berfungsi Baik

Tips Perawatan Kabel Gas Motor Matic Agar Berfungsi BaikMemeriksa Kondisi Kabel Gas Motor Matic ---Mungkin akan ada yang bertanya-tanya, mengapa begitu penting untuk melakukan perawatan secara teratur pada kabel gas motor matic. Hal ini dikarenakan fungsi kabel gas motor matic bisa membahayakan pengendara jika terjadi kerusakan. Mengapa demikian?

Sistem kerja Kabel Gas Motor Matic berbeda dengan fungsi Kabel Gas Motor bebek atau motor sport. Pada motor bebek, kabel gas masih dimediasi oleh karburator untuk menggerakkan mesin dan menjalankan roda. Sedangkan pada motor matic, mesin motor dan roda belakang tersambung langsung oleh V-belt. Dengan begitu, saat gas motor ditarik roda belakang akan langsung bergerak. Maka dari itu, jika gas rusak atau tidak berfungsi dengan baik bisa berakibat fatal.

Anda tentu bisa membayangkan apa yang terjadi ketika motor matic dihidupkan, namun Kabel Gas Motor Matic bermasalah? Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Motor matic tiba-tiba akan berjalan dengan sendirinya tanpa sopir, atau mungkin juga motor tidak akan berjalan sama sekali ketika tuas gas dipuntir. Kedua hal ini adalah dampak nyata yang bisa dirasakan ketika Kabel Gas Motor Matic bermasalah. Lalu, bagaimana mengantisipasi hal demikian?

Memeriksa Kabel Gas Motor Matic

Kabel Gas Motor Matic komponen yang bertanggung jawab atas fungsi tarikan gas motor ini adalah kabel gas. Untuk sepeda motor matic, ada beberapa hal yang harus di perhatikan.

Pertama adalah memeriksa kabel gas secara rutin. Cek apakah kabel gas masih berfungsi atau tidak. Jika Anda mendapati karat pada kabel as, segera ganti dengan yang baru agar kabel gas tidak putus di tengah jalan.

Selain itu, periksa juga kabel gas yang berada di dekat grip gas. Jangan sampai kabel tersebut terpuntir, tertekuk atau terjepit. Atasi hal tersebut dengan sedikit melonggarkan klem.
Perlu untuk menjadi perhatian bagi pengguna motor matic, tarikan gas spontan yang secara terus menerus hingga menjadi kebiasaan, ditambah lagi kurangnya perawatan terhadap Kabel Gas Motor Matic ini, bisa menjadi pemicu utama masalah ini.

Oleh karena itu, semoga dengan Tips Otomotif tentang Tips Perawatan dan Cara Memeriksa Kabel Gas Motor Matic Agar Berfungsi Baik pada kesempatan kali ini, bisa menjadi referensi berguna bagi kita semua. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger