Mengatasi Kerusakan Lampu Sein Motor Mati dan Tidak Berkedip

Mengatasi Kerusakan Lampu Sein Motor Mati dan Tidak BerkedipTips dan Cara Memperbaiki Lampu Sein Motor Mati dan Tidak Berkedip ---Lampu sein merupakan salah satu komponen keamanan yang terdapat pada kendaraan, dalam hal ini sepeda motor. Keberadaan lampu sein sangat membantu pengendara lain untuk mengetahui kearah mana motor kita akan berjalan, berbelok ataupun berganti arah. Bahkan, lampu sein juga sangat tepat untuk digunakan sebagai penanda kendaraan akan berhenti atau sedang melakukan perbaikan di pinggir jalan. Lalu, apa yang terjadi jika Lampu Sein Motor Mati dan Tidak Berkedip?

Kemungkinan terparah yang bisa ditimbulkan akibat kerusakan pada lampu sein motor adalah kecelakaan di jalan. Resiko kecelakaan ini bisa saja timbul akibat pengendara lain tidak menyadari dan tidak bisa mendeteksi kearah mana Anda akan berjalan. Bisa Anda bayangkan, ketika Anda akan berbelok ke kanan, dan pengendara dibelakan tidak tahu arah motor Anda, maka yang terjadi bisa saja tabrakan parah yang tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, Mengatasi Kerusakan Lampu Sein Motor Mati dan Tidak Berkedip bisa menjadi hal wajib bagi pengendara.

Lampu Sein Mati atau Tidak Berkedip

Apabila lampu sein motor Anda tiba-tiba tidak berfungsi atau mati, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Pertama adalah memeriksa kondisi dudukan flasher dan cop kabel. Bisa jadi lampu sein tidak menyala karena dudukannya yang goyang atau copot. Jika itu bukan penyebabnya, maka periksa kondisi lampu sein. Apakah lampu sein sebelah kanan atau kiri terputus atau tidak. Selanjutnya, hubungkan cop kabel dengan kawat atau kabel di jumper dan hidupkan kembali kedua lampu sein. Jika lampu sein menyala namun tidak berkedip, berarti ada kerusakan di bagian flasher. Sebaliknya, jika lampu sein mati sama sekali, bisa jadi kabel penghubung, saklar dan juga kunci kontak mengalami kerusakan.

Mengatasi Lampu Sein Berkedip Sebelah

Salah satu masalah kelistrikan yang umum terjadi pada sepeda motor adalah lampu sein yang hanya menyala sebelah. Wajar saja jika lampu sein yang hanya menyala sebelah akan sangat mengganggu bahkan cenderung membahayakan. Untuk mengatasi masalah lampu sein yang berkedip sebelah ini, pertama yang perlu diperiksa adalah flasher lampu sein. Pasalnya, flasher inilah yang bertugas untuk membuat lampu sein motor berkedip. Jika flasher rusak, tentu saja lampu sein juga tidak akan berkedip. Jika hanya salah satu lampu sein saja yang mati, periksa jalur output flasher yang terhubung ke saklar. sambungkan kedua kabel yang masuk ke flasher. Kemudian periksa kembali lampu sein yang mati tadi, seandainya menyala maka flasher positif rusak.
Akhirnya, semoga dengan Tips Otomotif tentang Tips dan Cara Mengatasi Kerusakan Lampu Sein Motor Mati dan Tidak Berkedip bisa bermanfaat bagi semua para pengendara. Karena bukan tidak mungkin, keberadaan lampu sein bisa menyelamatkan Anda di jalan. Salam Otozones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger