4 Bagian Motor Yang Harus Dibersihkan Setelah Perjalanan Jauh

4 Bagian Motor Yang Harus Dibersihkan Setelah Perjalanan JauhCara Membersihkan Motor Yang Baik dan Benar ---Anda penyuka touring atau sering pulang mudik dengan menggunakan sepeda motor? Pastinya kondisi motor Anda setelahnya akan terlihat sangat kotor. Untuk membersihkannya tidak hanya dilakukan pencucian seperti biasa. Malainkan perlu dibersihkan secara detail agar kondisi motor Anda kembali bersih dan mengkilap seperti sebelum dipakai untuk perjalanan jauh.

Pada artikel sebelumnya tentang Cara Mencuci Motor Yang Benar sudah dijelaskan, bahwa membersihkan motor harus dimulai dari bagian motor yang sering bersentuhan langsung dengan kotoran saat perjalanan. Seperti ban, rantai, hingga bagian bawah motor. Jika semua itu dirasa sudah bersih, baru kebagian lainnya hingga bodi motor.

Nah, dari semua bagian sepeda motor yang harus dibersihkan diatas, sebenarnya ada 4 Bagian Motor Yang Harus Dibersihkan Setelah Perjalanan Jauh. Jika 4 bagian motor ini sudah dibersihkan dengan baik, barulah membersihkan bagian lain yang sekiranya perlu untuk dibersihkan.

Berikut adalah 4 Bagian Motor Yang Harus Dibersihkan Setelah Motor Digunakan Untuk Perjalanan Jauh:

MEMBERSIHKAN BAGIAN MESIN MOTOR
Walaupun di pakai konstan setelah menempuh perjalanan jauh, belum tentu ruang bakar sudah ada penimbunan kerak. Apalagi bila sebelum berangkat juga sudah dilakukan pembersihan di bagian ini. Namun demikian, agar performa ruang bakar bisa tetap maksimal setelah perjalanan jauh perlu juga dilakukan perawatan dan pembersihan.
MEMBERSIHKAN BAGIAN BODI MOTOR
Setelah melakukan perjalanan jauh tentunya motor akan kelihatan dekil dan kusam. Debu dan serangga-serangga kecil yang tertabrak, biasanya paling sering jadi penyebabnya. Jika kondisi motor demikian, maka segeralah mencuci motor Anda di tempat cuci motor, atau Anda bisa lakukan sendiri. Pastikan Anda tahu Cara Membersihkan Motor Yang Baik dan Benar seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.
MEMBERSIHKAN KOLONG MOTOR
Selama melakukan perjalanan jauh tanpa disadari, jalanan dengan genangan air pasti kena terjang. Penyebab kotoran di kolong sepeda motor yang seperti ini termasuk dalam kategori biasa. Cobalah untuk membersihkan kolong motor dengan menyemprotkan air hingga bersih. Gunakan sikat pembersih jika dirasa kotoran susah dibersihkan.
MEMBERSIHKAN FRAME ATAU RANGKA MOTOR
Dengan kondisi yang kasat mata alias terletak di bawah cover bodi atau tangki bensin, membuat frame atau rangka jarang tersentuh kanebo. Akibatnya bisa dipastikan, debu akan menutupi bagian ini. “Enggak hanya debu, pada motor sport seperti Honda Tiger tidak jarang tanah yang bercampur air bisa juga sampai ke frame. Karena tertutup oleh cover bodi atau tangki, membuat pengerjaan bersih-bersih jadi lebih ribet. Walaupun begitu, membersihkan frame atau rangka motor tetap harus dilakukan sebelum terjadi korosi dan bisa membahayakan kondisi motor.
Semoga dengan pembahasan tentang 4 Bagian Motor Yang Harus Dibersihkan Setelah Perjalanan Jauh ini bisa menjadi masukan bagi kita untuk merawat sepeda motor kesayangan. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger