9 Tips dan Cara Membersihkan Motor Yang Benar Agar Berkilau

Tips dan Cara Membersihkan Motor Yang BenarCara Mencuci Motor Yang Benar ---Menunggangi sepeda motor yang bersih dan mengkilap memang terlihat cukup atraktif bagi pengendaranya. Namun, dikala perubahan cuaca yang tidak menentu, antara hujan dan panas silih berganti, terkadang membuat pemilik sepeda motor lalai untuk menjaga sepeda motornya tetap bersih dan berkilau. Pun jika harus setiap hari mendatangi tempat cuci motor, pastinya akan terasa sia-sia. Kenapa tidak cuci sendiri?

Mencuci atau membersihkan motor sendiri sebenarnya bukan terkendala masalah waktu, melainkan terkadang antara tenaga yang dikeluarkan dengan hasil cucian tidak sesuai harapan. Mungkin sebagian dari Anda sudah pernah mengalami hal semacam ini. Sudah capek-capek mencuci sepeda motor kesayangan, namun hasil yang didapat justru tidak sebersih dan berkilau seperti yang kita dapatkan ketika menggunakan jasa cuci motor. lalu, apa yang salah?

Untuk membersihkan atau mencuci motor memang dibutuhkan pemahaman lebih. Ada tips-tips dan cara yang tepat agar hasil cucian pada motor kita bersih dan berkilau. Dan berikut adalah 9 Tips dan Cara Membersihkan atau Mencuci Motor Yang Benar Agar Berkilau seperti yang Anda harapkan:
  1. Siapkan sabun pembersih atau shampo pembersih khusus untuk mencuci sepeda motor, kemudian tuangkan pada ember dalam jumlah yang cukup. Isi ember dengan air hangat sampai busa mencapai bagian atas ember. Hindari mencuci motor menggunakan deterjen yang mengandung garam karena garam bisa mempercepat korosi dan menyebabkan warna bodi motor kusam. Baca Cara Menjaga Warna Sepeda Motor Agar Tidak Pudar pada artikel sebelumnya untuk pemahamanlebih lanjut.
  2. Cara mencuci motor, dimulai dari membersihkan daerah sepeda motor yang sangat kotor, yang cenderung pada daerah roda, area mesin dan daerah rantai. Usap semua bagian dengan lap, dengan sedikit dilonggarkan sehingga mudah dibersihkan dengan sabun dan air .
  3. Semprot atau rendam (jika memungkinkan) roda belakang untuk membersihkan rantai, kemudian memutar roda sehingga semua rantai bersih. Pastikan juga roda disikat dengan sikat khusus untuk membersihkannya. Jika bisa, masuk ke daerah suspensi untuk menggosok baik kotoran membandel dan lemak yang mungkin memakan waktu cukup lama.
  4. Setelah poin ketika dirasa sudah bersih, beralihlah kebawah motor di area mesin. Semprot sambil disikat bila perlu. Karena bagian bawah mesin juga merupakan area motor yang sering kotor berlebihan.
  5. Setelah area sepeda motor yang berlebihan tersebut dibersihkan, barulah mencuci seluruh bodi motor dengan membalurinya menggunakan shampo pembersih. Pastikan menggunakan spon yang berbeda dengan yang Anda gunakan saat membersihkan area kotor.
  6. Setelah cara mencuci motor yang dilakukan pada seluruh bodi motor selesai, biarkan selama 5 menit untuk air mengering dengan sendirinya dan kemudian memindahkan motor ke tempat kering.
  7. Ambil kanebo untuk mengusap seluruh permukaan motor, agar setiap kelembaban motor tidak tersisa. Lihat juga pada bagian mesin yang terkadang masih tergenang air bekas cucian, juga harus dikeringkan untuk menghindari jamur.
  8. Gunakan pelumas rantai atau chain lube untuk melapisi rantai motor yang sudah dibersihkan tadi, dengan mengikuti petunjuk penggunaan.
  9. Langkah terakhir, ketika motor benar-benar sudah kering, khususnya pada bagian bodi, gunakanlah semir motor yang mengandung bahan silikon pada bodi motor. Lalu, lap dengan kain kering yang lembut hingga berkilau.
Jika kamu bisa menerapkan 9 Tips dan Cara Membersihkan Motor Yang Benar Agar Berkilau diatas, pastinya hasil yang didapat akanjauh lebih bersih dibandingkan dengan menggunakan jasa cucimotor. Selamat mencoba dan salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger