Cara Membersihkan Kerak di Ruang Bakar Mesin Motor

Cara Membersihkan Kerak di Ruang Bakar Mesin MotorTips Membersihkan Kerak Mesin Motor --Kerak yang dimaksud disini adalah kerak atau kotoran yang terdapat di ruang bakar mesin motor. Jika kerak ini tidak dibersihkan maka tenaga atau perfoma sepeda motor tidak maksimal.

Pada artikel sebelumnya tentang Penyebab dan Cara Mencegah Kerak di Mesin Motor sudah dijelaskan secara gmablang tentang beberapa hal yang menyebabkan timbulnya kerak di ruang bakar mesin motor. Begitu juga cara antisipasi agar tidak terjadinya kerak. Namun, jika ruang bakar mesin motor sudah terlanjur berkerak, maka wajib bagi pemilik sepeda motor untuk membersihkannya.

Cara Membersihkan Kerak di Ruang Bakar Mesin Motor sebenarnya cukup gampang. Anda tinggal datang ke bengkel, baik bengkel resmi ataupun bengkel biasa pasti sudah tahu betul apa yang harus mereka lakukan untuk membersihkan kerak mesin motor. Tapi jika Anda ingin membersihkan sendiri, sebenarnya bisa dilakukan. Dan berikut adalah Tips dan Cara Membersihkan Kerak di Ruang Bakar Mesin Motor yang bisa kamu praktekkan.

MEMBERSIHKAN KERAK DENGAN CAIRAN PEMBERSIH
Saat ini jenis dan merek cairan pembersih kerak di ruang bakar mesin motor telah banyak dijual di toko peralatan dan aksesori motor. Bentuknya dalam kaleng dengan sistem semprot atau spray. Cara penggunaannya juga cukup mudah:
  1. Buka terlebih dahulu saluran dari filter udara ke karburator. Kemudian sempotkan cairan itu pada saluran intake.
  2. Aktifkan mesin motor dengan starter elektrik atau engkol kemudian tarik tuas gas hingga angka putaran mesin (RPM) tinggi. Pada saat yang bersamaan, kembali semprotkan cairan pembersih ke mulut atau lubang karburator, tapi upayakan mesin motor tidak mati. Ulangi cara tersebut beberapa kali hingga mesin motor mati dan biarkan.
  3. Setelah mesin motor mati selama 10-20 menit, kembali aktifkan. Tarik tuas gas hingga kecepatan putaran mesin (RPM) sedang. Lihatlah apakah knalpot menyemburkan asap putih pekat? Bila iya, tarik terus tuas gas berkali-kali.
MEMBERSIHKAN KERAK MOTOR DENGAN CARA LAINNYA
Selain cara itu, Anda juga bisa mencoba cara lain yang pada dasarnya sama-sama menggunakan cairan pembersih kerak, seperti berikut ini:
  1. Panasi mesin motor hingga hangat. Kemudian, lepas busi dan semprotkan cairan ke lubang mesin melalui lubang busi. Setelah itu tunggu 10-20 menit.
  2. Aktifkan atau starter kembali mesin motor dan tutup lubang busi dengan kain bersih dan sebisa mungkin pegangi kain tersebut agar tidak lepas. Kemudian, lihatlah adakah butiran-butiran kerak yang menempel di mesin? Atau adakah cairan?
  3. Setelah itu, pasang kembali busi dan aktifkan mesin. Tariklah tuas gas kuat-kuat hingga beberapa kali. Perhatikan apakah ada asap putih mengepul dari knalpot? Bila iya, berarti kerak telah luruh atau mencair dan kembali ikut terbakar.
Itulah sedikit Tips dan Cara Membersihkan Kerak di Ruang Bakar Mesin Motor yang bisa kamu praktekkan. Namun sekali lagi, jika Anda ragu untuk melakukan hal ini sendiri, maka datanglah ke bengkel motor kesayangan Anda. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger