Jenis dan Cara Mencuci Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Mencuci MobilKelebihan dan Kekurangan Cara Mencuci Mobil ---Mencuci mobil merupakan aktifitas yang mau tidak mau harus dilakukan bagi kamu pemilik mobil. Apalagi bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi di musim penghujan seperti ini. Namun, perlu diketahui juga bahwa mencuci mobil agar selalu terlihat bersih perlu juga diketahui beberapa hal tenknis dan cara pencucian itu sendiri. Hal ini penting agar hasil dari pencucian tersebut sesuai dengan harapan anda.

Ada banyak jenis dan macam cara mencuci mobil yang kita ketahui. Berbagai jenis dan tempat pencucian mobil bertebaran di pinggir jalan. Masing-masing mengusung nama dan kelebihan dengan cara pencucian masing-masing. Namun, diantara semua jenis pencucian tersebut, manakah cara pencucian mobil yang pas untuk kendaraan kamu?

Berikut ini adalah beberapa Jenis dan Cara Mencuci Mobil Yang Perlu Anda Ketahui, lengkap dengan kekurangan dan kelebihannya:

MENCUCI MOBIL SECARA MANUALProses Mencuci Mobil Secara Manual terbilang sederhana, begitu juga peralatan yang digunakan. Karena itu sebagian besar konsentrasi pembersihan terbatas pada bagian mobil yang kasat mata, seperti bodi, pelek, dan ban saja. Lainnya tidak terlalu menjadi perhatian. Cara pencucian secara manual terkadang memiliki kelemahan karena tenaga yang mencuci bukan tenaga profesional. Tak heran masih ada sisa kotoran yang melekat, misalnya di bagian kolong. Ada juga jasa mencuci mobil manual yang biasanya ditawarkan penjaga parkir di perkantoran. Harga yang ditawarkan relatif murah yakni berkisar Rp 10–15 ribu.
  • Kelebihan : Murah, bisa dikerjakan sendiri, perlengkapan sederhana, kadang tidak perlu menunggu karena dikerjakan saat Anda bekerja atau kuliah
  • Kekurangan : Hasil tidak begitu maksimal terutama bagian kolong.
MENCUCI MOBIL DENGAN HIGH PRESSURE PUMP TANPA TANGGACara ini terbilang sederhana juga hanya lebih modern dibanding taktik manual. Cara pencucian ini harus tersedia tempat, pompa tekanan tinggi, air dan sabun atau sampo. Tenaganya lebih pengalaman, umumnya mereka mampu mencuci lebih bersih dan cepat dibanding mencuci sendiri di rumah. Apalagi jika dikerjakan lebih dari satu orang. Umumnya, biaya cuci mobil seperti ini sekitar Rp 15.000.
Kelebihan : Murah, lumayan bersih karena menggunakan high pressure pump.
Kekurangan : Bagian kolong masih belum terjangkau, apalagi interior.
MENCUCI MOBIL DENGAN HIGH PRESSURE PUMP DENGAN TANGGA
Bedanya cara mencuci jenis ini dengan tangga dan tanpa tangga ialah bagian kolong mobil masih terjangkau karena adanya tangga mobil. Tangga ini bisa terbuat dari konstruksi besi atau semen. Sehingga kebersihan mobil lebih terjamin apalagi tersedia jasa vakum untuk interior. Proses finishing juga lebih detail. Jasa cuci ini sekitar Rp 15-20 ribu.
Kelebihan : Bersih luar dalam, harga masih terjangkau
Kekurangan : Waktu pengerjaan cukup lama karena finishing lebih detail
MENCUCI MOBIL DENGAN HIGH PRESSURE PUMP DENGAN SINGLE POST LIFT
Metode ini banyak dipilih oleh para pengendara di kelas menengah. Selain harganya yang terjangkau untuk mereka yaitu sekitar Rp 20-50 ribu, kebersihannya sudah pasti tetap terjamin. Pasalnya, mobil diangkat dengan lift sehingga membuat kebersihan kolong jadi terjamin. Umumnya yang memiliki cuci jenis ini adalah bengkel mobil yang cukup besar. Di tempat tertentu kebersihan bagian dalam sepatbor lebih baik karena roda dilepas semua dalam pengerjaannya. Proses terakhir setiap mobil akan dibersihkan dengan vacuum cleaner serta pemberian obat poles pada ban, dasbor dan bagian karet lain.
  • Kelebihan : Paling bersih, bisa sekaligus servis mobil
  • Kekurangan : Mahal, harus menunggu paling tidak satu jam
MENCUCI MOBIL SECARA AUTOMATIC CAR WASH
Metode ini menggunakan mesin otomatis. Penggunaan mesin jelas mempersingkat waktu mencuci. Untuk bagian luar saja hanya memerlukan 5 menit, bahkan bisa 3 menit jika tidak ada antrean. Namun untuk finishing secara manual, bisa menambah sekitar 10 menit. Kebersihan mobil cukup baik dalam waktu yang terbilang singkat. Biayanya terjangkau, berada di kisaran Rp 40.000 ke atas.
  • Kelebihan : Tidak perlu menunggu, cukup santai di dalam mobil
  • Kekurangan : Bagian kolong dan mesin tidak terjangkau
MENCUCI MOBIL DENGAN CARA STEAM
Mau cuci mobil dengan hasil maksimal gunakan metode ini. Dengan temperatur air antara 60- 80 derajat celcius, kotoran yang agak membandel seperti lelehan oli, getah dan lainnya bisa tergusur. Istilah cuci steam disalahartikan dan mengacu pada model cuci dengan high pressure pump. Karena penyedia jasa tersebut tetap memberi label cuci steam. Cuci steam relatif mahal ketimbang yang biasa karena air perlu dipanaskan lebih dulu.
  • Kelebihan : Hasil maksimal, lelehan oli dan kotoran membandel bisa dirontokkan
  • Kekurangan : harga mahal, bila tidak hati-hati bisa merontokkan lapisan antikarat di kolong
Nah, sekarang mana Jenis dan Cara Mencuri Mobil Yang sesuai dengan keinginan dan kendaraan kamu? Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger