Tips Merawat V-Belt dan Rantai Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Merawat V-Belt MaticMerawat Rantai Penggerak Sepeda Motor ---Pada artikel sebelumnya telah disinggungtentang Komponen Matic yang Gampang Rusak. Salah satunya adalah V-Belt yang berfungsi layaknya rantai penggerak seperti pada motor bebek dan motor sport.

Selain fungsi dan cara kerjanya yang menghubungkan roda dengan penggerak mesin begitu berat, tali penggerak ini juga gampang rusak jika sering bersentuhan dengan air. Oleh karena itu, banjir di musim hujan bisa menjadi ancaman tersendiri bagi komponen tali penggerak ini. Lalu, apa yang perlu dilakukan oleh pemilik sepeda motor untuk mengantisipasi hal ini?

Ada beberapa Tips Merawat V-Belt Matic dan Rantai Sepeda Motor Saat Musim Hujan agar terhindar dari kerusakan seperti dibawah ini:

MERAWAT TALI PENGGERAK V-BELT MATIC
disarankan langsung melakukan pembersihan boks CVT. Driven face (bagian yang menjepit v-belt akan mengeluarkan bunyi jika sering kena air kotor. setelah menerjang genangan, apalagi banjir, pengguna skutik wajib mengeluarkan air dari lubang pembuangan pada boks CVT. Lalu, ruang CVT dibersihkan, terutama bagian sabuk (v-belt). Tak pernah dibersihkan berakibat pada cepat getasnya sabuk dan ausnya roller penggerak.
MERAWAT TALI PENGGERAK RANTAI MOTOR
untuk sepeda motor bebek dan sport, kinerja v-belt diemban oleh rantai. Biasanya, komponen ini akan cepat berkarat jika tak segera dibersihkan selepas menerjang air. Pelumas memang melindungi, namun lama-kelamaan akan terkikis juga karena banyak kotoran yang menempel. Disarankan untuk membersihkan rantai secara rutin, lalu memberi grease atau gemuk.
Demikianlah Tips Merawat V-Belt dan Rantai Sepeda Motor Saat Musim Hujan pada kesempatan kali ini. Disarankan untuk melakukan pembersihan dan perawatan ini, khususnya pada V-Belt Matic agar diserahkan kepada mekanik resmi, untuk menghindari kesalahan saat pembersihan. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger