Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor

Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda MotorPengertian Teknologi ISS Sepeda Motor ---Teknologi Otomotif Idling Stop System (ISS) adalah sebuah sistem yang bekerja untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat berhenti sejenak atau berhenti di lampu merah. Dengan Teknologi ISS ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang. Selain itu, kinerja mesin lebih efisien, hemat bahan bakar, dan tentunya ramah lingkungan.

Dari beberapa pengujian menggunakan metode ECE R40 terhadap Teknologi ISS ini, diketahui bahwa jumlah emisi bahan bakar yang berhasil dikurangi dapat mencapai 7% dibandingkan dengan jenis sepeda motor yang tidak menggunakan ISS. Selain itu, konsumsi bahan bakar juga lebih irit hingga 37%. Oleh karenanya, jenis sepeda motor yang menggunakan Teknologi ISS bisa dikatakan sebagai sepeda motor ramah lingkungan.

Namun tentu saja, semua kembali kepada pengguna sepeda motor sendiri. Terkadang kebiasaan pengendara yang lebih suka tidak mengaktifkan Teknologi ISS ini tentunya tidak akan berdampak apa-apa terhadap lingkungan. Belum lagi sebagian besar sepeda motor saat ini belum menggunakan teknologi ini.

Cara Kerja Teknologi ISS Sepeda Motor

Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor
Pastikan posisi tombol Idling Stop sudah anda tekan dan lampu indikator pada speedometer sudah menyala. Dan setelah motor dijalankan maka sensor akan memberitahu ECM (Engine Control Module) untuk mengaktifkan Idling Stop. Apabila motor berhenti minimal 3 detik maka ECM akan perintahkan mesin untuk berhenti. Dan saat mesin mati, lampu indikator akan berkedip yang bertanda bahwa Idling Stop sedang aktif dan sedang digunakan.
Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor
Saat handle gas (throttle) kita buka maka Throttle Position Sensor (TP Sensor) akan memberi signal ke ECM untuk memberitahu altenator untuk menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter maka mesin akan otomatis menyala. Kejadian ini akan terus menerus berlangsung selama tombol Idling Stop diaktifkan. Tetapi jika tombol Idling Stop tidak diaktifkan maka Idling Stop tidak bekerja.

Komponen Teknologi ISS Sepeda Motor

Mengenal Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor
  1. Idling Stop Switch, berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi ISS
  2. Stand by indicator, berfungsi memberikan informasi kerja ISS
  3. Engine Coolant Temperature Sensor (ECT Sensor), berfungsi untuk mendeteksi suhu mesin
  4. Vehicle Speed Sensor (VS Sensor), berfungsi untuk mendeteksi kecepatan kendaraan
  5. Throttle Position Sensor (TP Sensor), berfungsi untuk mendeteksi sudut pembukaan katup gas
  6. Engine Control Module (ECM), berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan mesin
  7. ACG Starter, berfungsi untuk memutarkan mesin

Cara Mengaktifkan Teknologi ISS Sepeda Motor

Untuk mengaktifkannya, Anda tinggal mengubah posisi button switch ke kondisi Idling Stop (klik ke bawah). Maka, lampu hijau yang terdapat pada speedometer akan menyala secara otomatis, itu tanda bahwa sistem ISS sudah dapat dilakukan. Ketika motor Anda berhenti selama 3 detik dan sistem ISS berfungsi, maka lampu hijau tersebut akan berkedip, sebelum nantinya akan menyala sempurna kembali ketika Anda mulai menarik tuas gas.
Demikianlah artikel Info Otomotif tentang Teknologi Idling Stop System (ISS) pada Sepeda Motor kali ini. Baca jugo artikel sebelumnya tentang Rem ABS Sepeda Motor. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger