Mengenal Teknologi Sistem Pengereman CBS Sepeda Motor

Mengenal Teknologi Sistem Pengereman CBS Sepeda MotorPengertian Combi Brake System (CBS) Honda ---Fungsi rem pada sepeda motor tidak bisa diartikan sebagai komponen yang menghentikan kendaraan. Karena pada dasarnya rem bukan berfungsi untuk menghentikan motor tetapi untuk memperlambat laju kendaraan secara bertahap sampai kecepatan 0 kilometer per jam. Karena, jika fungsi rem langsung menghentikan kendaraan seketika, maka kemungkinan akan terjadinya kecelakaan seperti motor terjatuh tiba-tiba bisa saja terjadi.

Baca juga artikel sebelumnya terkait sistem pengereman ini,
Teknologi Sistem Pengereman ABS Sepeda Motor
Dengan hadirnya Teknologi Sistem Pengereman CBS Sepeda Motor ini anda dapat melakukan pengereman secara optimal pada rem depan dan rem belakang. Pada rem depan jarak pengeremannya terlalu pendek sedangkan rem belakang jarak pengeremannya lebih panjang. Sehingga jika digabungkan akan menghasilkan pengereman yang optimal dan tepat.

Pengertian Teknologi Sistem Pengereman CBS

Mengenal Teknologi Sistem Pengereman CBS Sepeda Motor
Teknologi Combi Brake System (CBS) adalah sistem pengereman yang menggabungkan antara rem depan dan rem belakang, hanya dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan.

Dengan adanya Teknologi Sistem Pengereman CBS ini, Anda dapat melakukan pergereman dengan jarak yang lebih pendek dengan bobot pengereman yang seimbang antara rem depan dan rem belakang sesuai dengan kebutuhan pengereman.

Cara Kerja Teknologi Sistem Pengereman CBS

Mengenal Teknologi Sistem Pengereman CBS Sepeda Motor
Ketika tuas rem kiri ditekan, maka equalizer gaya akan bekerja untuk mendistribusikan tenaga tekanan tadi menjadi dua, yang satu menuju rem pada roda belakang sedangkan yang satunya lagi menuju ke tuas ungkit. Gunanya adalah untuk menekan knocker yang akan menekan piston hidrolik, yang kemudian akan bereaksi untuk mengaktifkan rem cakram depan. Pada proses ini kekuatan pengereman akan terbagi secara otomatis pada kedua roda depan dan belakang.

Teknologi Sistem Pengereman CBS ini sendiri dipercaya dapat membantu pengendara motor, khususnya bagi para pemula, untuk dapat melakukan pengereman yang aman layaknya seorang pengemudi profesional karena sistem CBS memungkinkan pendistribusian hasil pengereman secara merata.
Demikianlah sedikit Info Otomotif tentang Teknologi Sistem Pengereman Combi Brake System (CBS) Sepeda Motor pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger