4 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Dongkrak Mobil

Menggunakan Dongkrak MobilTips Menggunakan dan Memanfaatkan Dongkrak ---Dongkrak merupakan peralatan yang menjadi keharusan ketika Anda ingin memeriksa keadaan bawah mobil Anda. Karena fungsi dongkrak itu sendiri adalah untuk mengungkit atau mengangkat sebagian badan mobil. Sayangnya, cara menggunakan dan memanfaatkan dongkrak yang kurang tepat bisa membuat komponen mobil rusak.

Dan berikut adalah 4 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Dongkrak Mobil lengkap dengan Tips Menggunakan dan Memanfaatkan Dongkrak mobil yang tepat dan aman.

JENIS DONGKRAK MOBIL
Setidaknya ada tiga jenis dongkrak. Pertama dongkrak berbentuk seperti ketupat, dongkrak hidrolik, dan dongkrak buaya. Namun dealer biasanya melengkapi mobil baru dengan dongkrak ketupat. Alasannya, lebih ringkas, murah, dan mudah digunakan.
TEMPAT MENYIMPAN DONGKRAK MOBIL
Setiap pemilik mobil patut tahu lokasi dongkrak, selain berada di bawah jok biasanya ada di ruang bagasi, atau dekat dengan ban cadangan. Demikian juga tentang cara penggunaan, mengencangkan atau mengendurkan ulir persambungan dongkrak ketupat menggunakan metode putar. Untuk lebih jelas bisa mengecek buku panduan.
POSISIKAN DONGKRAK DENGAN TEPAT
Pada mobil-mobil modern titik tumpu dongkrak sudah ditentukan dari jalur produksi. Desainnya juga disesuaikan dengan kepala dongkrak agar pegangan tidak mudah bergeser. Lebih baik dongkrak digunakan untuk mengangkat satu sisi mobil, jangan ditengah dengan maksud mengangkat dua roda.

Untuk tipe mobil kerangka, tumpuan yang dicari adalah “tulang” yang paling keras. Kepala dongkrak bisa diletakan di bagian sasis yang terletak di kolong pintu samping. Selain itu, untuk bagian depan tumpuan yang bisa digunakan di bagian arm, sedangkan di bagian belakang bisa mengandalkan bagian bawah rumah axle belakang.

Buat tipe bodi monokok, titik tumpuan juga telah tersedia. Terletak diantara kolong bagian dalam di pintu samping. “Bagian ini bukan yang dicat, bukan di rocker panel juga. Posisinya agak ke dalam,” kata Sandra. Khusus monokok, tidak disarankan mendongkrak dari arm.
TIPS MENGGUNAKAN DONGKRAK
Hal yang perlu menjadi perhatian, pondasi dongkrak mesti datar agar stabil. Jangan pernah hanya mengandalkan dongkrak bila ingin memasukan bagian tubuh ke kolong mobil. Itu juga dilihat dari kondisi lapangannya, bisa saja masih goyang. Kalau mau lebih kuat dikasih jackstand. Dongkrak itu fungsinya mengangkat bukan sebagai penopang. Sebelum mulai mendongkrak, pastikan rem parkir telah digunakan, bila perlu tambahkan pengganjal di setiap roda. Setelah selesai digunakan, kembalikan perkakas ke tempat semula agar siap digunakan di kemudian hari.
Itulah 4 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Dongkrak Mobil lengkap dengan Tips Menggunakan dan Memanfaatkan Dongkrak mobil yang tepat dan aman pada kesempatan kali ini. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger