Teknologi eSP Honda memberikan pembakaran sempurna melalui rotasi vertikal dan aliran maksimal saat pencampuran bahan bakar dengan udara, sehingga penyebaran lebih merata. Selain itu, teknologinya mengurangi gesekan dengan aplikasi offset cylinder, roller rocker arm dan dinding silinder bertekstur untuk menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.
Melalui cara kerjanya yang optimal, Teknologi eSP Honda mampu memberikan manfaat maksimal pada sepeda motor. Teknologi eSP memaksimalkan pembakaran secara efisien dan meminimasi gesekan untuk mengurangi resiko terbuang percuma, serta mengoptimalkan energi yang keluar dari bahan bakar yang berharga.
Selain itu, Teknologi eSP Honda terintegrasi dengan ACG Starter yang mampu menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.
Dari semua penjabaran diatas bisa kita rangkum menjadi 10 Kelebihan Teknologi Enhanced Smart Power (eSP) Honda, seperti berikut ini:
- ACG Starter dan ISS. Starter menyatu dengan alternator. Maka suara saat menyalakan motor nyaris tidak terdengar. Komponen ini sangat pas digabungkan dengan idling stop system (ISS). Menghemat bahan bakar lebih sempurna
- Fuel Injector skutik Honda memiliki semprotan bahan bakarnya paling halus diantara kompetitornya. Komponen ini sudah dipatenkan oleh Honda.
- Roller Rocker Arm pada skutik Honda disempurnakan dengan laher bambu pada As Rocker Arm dan memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan gesekannya berkurang. Komponen yang didesain khusus oleh Honda ini pun sudah dipatenkan.
- Compact Combustion Chamber pada ruang bakar disempurnakan dengan menghilangkan hambatan pada saluran bahan bakar.
- Offset Cyclinder & Spiny Sleeves. Ini adalah dua hal yang berbeda. Apa bedanya? Offset cylinder adalah posisi piston dan setang piston saat TMA (titik mati atas) yang tidak sejajar dengan posisi sumbu kruk as. Manfaatnya, ketika langkah usaha atau kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder semakin kecil. Sedangkan Spiny Sleeve adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di balik dinding silinder. Fungsinya untuk melepas panas lebih cepat!
- Light Weight Piston & Crankshaft. Sesuai namanya piston yang dipakai lebih ringan bila dibandingkan dengan komponen terdahulu. Pin dan rumah pin piston dibuat lebih kecil, selain ringan juga mengurangi bidang gesek antara piston dan dinding silinder. Sedangkan kruk as dibuat lebih kuat dan mengurangi getaran, caranya dengan menggunakan bearing kruk as yang lebih besar.
- Breather Passage. Di balik blok silinder, selain ada jalur air radiator juga terdapat lubang pendinginan.
- Built in Liquid Cooling System. Adalah sistem pendinginan air pada eSP engine yang lebih baik.
- V-Matic. Transmisi otomatis yang memiliki rasio lebih lebar & dirancang dengan belt baru dengan elastisitas karet yang tinggi.
- Transmission memiliki penyempurnaan pada gigi transmisi di belakang CVT juga banyak mengalami perubahan. Utamanya dengan konstruksi rib atau tulangan baru, Honda pun bisa mengurangi jumlah olinya agar lebih ringan bekerja.
|