Cara Mengendarai Sepeda Motor Yang Benar dan Aman

Cara Mengendarai Sepeda Motor Yang Benar dan AmanTips dan Cara Mengendarai sepeda Motor ---Terlihat sepele, namun mengetahui cara mengendarai sepeda motor yang benar dan aman harusnya diketahui oleh setiap pengendara. Tidak hanya penting bagi Anda untuk memiliki surat izin mengemudi, tetapi lebih dari itu adalah untuk keselamatan berkendara. Lalu, apa sajakah Tips dan Cara Mengendarai Sepeda Motor Yang Benar dan Aman yang perlu kita ketahui?

Sebelumnya, silahkan baca juga artikel terkait cara mengendarai sepeda motor ini di,
Posisi Duduk dan Tangan Yang Aman Saat Mengendarai Motor

Tips dan Cara Mengendarai sepeda Motor

  • Jika sudah berada di jalan, jangan menurunkan kaki kanan bila berhenti. Jika dalam posisi macet yang menyebabkan pengendara motor menurunkan kaki, biasakan menggunakan kaki kiri. Bila menurunkan kaki kanan, maka resiko kaki kanan tersambar pengendara lain (motor dan mobil) cukup besar. Pasalnya posisi mendahului dalam lalu lintas di Indonesia berada di sebelah kanan.
  • Ketika hendak jalan, tengok arah belakang guna memastikan apakah ada orang atau sesuatu di belakang kita.
  • Posisi kedua tangan ketika memegang stang dibuat menyudut/menyiku, kedua tangan tidak dalam posisi tegang atau lurus. Dan posisi tubuh dalam keadaan rileks, tidak tegang atau kaku.
  • Menggunakan empat jari ketika mengerem (rem depan). Tidak dianjurkan menggunakan dua jari karena selain tidak maksimal, putaran mesin masih belum berhenti secara full.
Cara Mengendarai Sepeda Motor Yang Benar dan Aman
  • Jarak pengereman dengan objek di depan kita sesuai dengan laju kecepatan. Misalnya, dalam kecepatan 60 km/jam, maka idealnya pengereman sudah dilakukan 60 meter dari objek di depan kita.
  • Kedua kaki kita sejajar dengan 'sayap' bagian luar sepeda motor (motor bebek), dan untuk jenis motor sport, maka kedua lutut kita harus menempel pada tangki.
  • Jangan membawa barang melebihi daripada lebar stang.
  • Ketika jatuh, sebaiknya motor dilepas, jangan dipegang. Ini untuk menghindari cedera yang lebih fatal akibat tertindih atau terbentur komponen-komponen motor.
Itulah sedikit Tips Otomotif tentang Tips dan Cara Mengendarai Sepeda Motor Yang Benar dan Aman pada kesempatan kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger