Tips Perawatan Sensor O2 Pada Motor Injeksi

Tips Perawatan Sensor 02 Pada Motor InjeksiCara Membersihkan Sensor O2 ---Pada dasarnya, komponen sensor O2 pada motor injeksi sudah dibuat dari pabrik untuk bebas perawatan dan juga tahan lama. Walaupun begitu, sebagai pemilik sepeda motor injeksi perlu juga untuk memperhatikan komponen ini. Karena bebas perawatan dan tahan lama tidak serta merta diartikan bahwa komponen ini bisa bekerja secara maksimal terus-menerus. Oleh karena itu, agar sensor O2 tetap bisa bekerja secara maksimal, perlu juga dilakukan perawatan.

Seperti kita ketahui, sensor O2 merupakan komponen sistem injeksi. Fungsi seonsor 02 ini adalah untuk mendeteksi sisa hasil pembakaran di saluran pembuangan. Sehingga sisa pembakaran yang dikeluarkan bisa disesuaikan atau diatur setelah sinyal diterima oleh ECU. Sensor 02 yang kotor akibat kurang perawatan, bisa saja menghambat kinerja sinyal yang akan diterima oleh ECU. Jika ini terjadi, bisa saja pengaturan gas buang yang akan dilakukan oleh ECU akan terhambat.

Dilihat dari letaknya, sensor O2 pada masing-masing motor injeksi memiliki letak yang berbeda. Walaupun begitu, tetap tidak akan jauh dari posisi gas pembuangan. Di beberapa jenis motor ada yang terletak di leher knalpot, atau juga terletak di dekat lubang knalpot. Jika dilihat dari letaknya yang berdekatan dengan lubang pembuangan, maka sudah dipastikan akan menimbulkan kotoran pada sensor O2 ini. Lalu, bagaimana cara merawatnya?

CARA MEMBERSIHKAN SENSOR 02
Ada dua hal yang perlu dibersihkan yaitu soket sensor O2 yang berfungsi mengirim sinyal ke ECU, dan sensor O2 itu sendiri yang bersentuhan langsung dengan gas pembuangan. Masing-masing komponen ini memiliki cara perawatan yang berbeda.

Untuk membersihkan sensor O2 yang bersentuhan langsung dengan gas pembuangan, cara membersihkannya cukup dengan disemprot menggunakan tekanan angin kompresor. Lakukan hal ini hingga kotoran sisa pembuangan yang menempel hilang atau bersih. Jangan disemprot cairan penetran, karena di dalam cairan tersebut ada bahan kimia yang bisa merusak komponen.

Setelah itu, agar kinerja sensor tersebut tetap optimal, cek dan bersihkan juga soket sensor O2. Untuk membersihkan soket sensor O2 yang berfungsi mengirim sinyal ke ECU ini, caranya dengan menyikat soket atau disemprot pake cairan penetrant. Sehingga sinyal yang akan dikirim ke ECU tetap terjaga dan koneksi arus listrik lancar serta kerak kotoran hilang.
Demikianlah Tips Perawatan dan Cara Membersihkan Sensor 02 Pada Motor Injeksi kali ini. Semoga Bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger