Penyebab dan Tips Mengatasi Knalpot Motor Injeksi Ngebul

Penyebab dan Tips Mengatasi Knalpot Motor Injeksi NgebulKnalpot Motor Injeksi Ngebul Asap Hitam atau Putih ---Ketika ketenaran motor 2 tak di jamannya, asap ngebul yang keluar dari knalpot tidak menjadi bahasan yang dikategorikan masalah pada sepeda motor. Namun, ketika teknologi sepeda motor makin maju dan berevolusi menjadi 4 tak, bahkan telah mengusung teknologi injeksi, maka asap ngebul yang keluar dari knalpot motor injeksi bisa menjadi permasalahan besar pada motornya.

Secara umum, warna dan karakteristik asap yang keluar dari knalpot bisa dikelompokkan menjadi dua. Bisa jadi knalpot motor injeksi ngebul asap hitam, atau mungkin juga ngebul asap putih. Masing-masing warna dan karakter asap ngebul ini mewakili permasalahan yang terjadi pada sepeda motor tersebut. Dari sinilah kita bisa mengetahui penyebab dan solusi apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi asap ngebul tersebut.

KNALPOT MOTOR INJEKSI NGEBUL ASAP HITAM
Jika warna dan karakteristik yang keluar dari motor injeksi berwarna hitam, terlihat pekat, dan juga tercium bau menyengat yang bisa membuat pusing jika kebanyakan terhisap, maka sudah dipastikan penyebabnya adalah pembakaran yang tidak sempurna di ruang bakar mesin karena kebanyakan asupan bahan bakar. Solusi yang bisa diambil untuk Mengatasi Knalpot Motor Injeksi Ngebul Asap Hitam ini adalah dengan melakukan setting ulang CO. Baca lebih lengkap tentang Cara Setting CO pada artikel sebelumnya.
KNALPOT MOTOR INJEKSI NGEBUL ASAP PUTIH
Dibandingkan dengan Knalpot Motor Injeksi Ngebul Asap Hitam, keluarnya asap putih justru jauh lebih kompleks lagi permasalahannya. Tidak hanya pada motor injeksi, knalpot motor lainnya yang ngebul asap putih dikarenakan ada oli mesin yang ikut terbakar di ruang mesin. Ikut terbakarnya oli mesin ini dikarenakan ada beberapa komponen mesin yang bermasalah, sebagai berikut:
  1. Ring Piston Aus. Karena usia pakai motor sudah cukup lama, biasanya ring piston mulai aus. Otomatis oli mesin akan rembes ke ruang bakar dan ikut terbakar. Solusinya mesti ganti ring piston baru dengan ukuran sama.
  2. Piston Baret. Hal ini terjadi mungkin karena telat ganti oli atau ada kotoran yang bercampur dengan oli sehingga menggerus dinding piston. Otomatis oli mesin akan rembes lewat celah dinding piston yang baret tersebut dan kemudian ikut terbakar. Solusinya harus ganti piston baru dengan diameter sama. Tapi kalau dinding silinder ikut baret, mesti corter dan ganti piston dengan diameter lebih besar (oversize).
  3. Sil Klep Keras atau Getas. Sil klep keras atau getas otomatis membuat oli mesin yang berada di cylinder head akan turun ke ruang bakar yang kemudian ikut terbakar. Hal ini terjadi karena usia pakai yang cukup lama dan suhu mesin yang cukup tinggi. Solusinya ganti sil klep baru.
  4. Celah Klep Bocor. Pemicu klep bocor adalah karena ada kotoran atau kerak sisa pembakaran yang menghambat bibir klep. Bisa juga karena setingan klep sudah tidak rata. Solusinya mesti sekir ulang celah klep.
TIPS TAMBAHAN:
Saat skir ulang, sebaiknya jangan pakai amrile karena akan mengikis bibir klep dan setting klep cukup banyak. Kalau mau klep dan setting klep lebih awet, gunakan Autosol. Karena tidak mengikis terlalu banyak. Kecuali kalau ganti klep baru, skir klep pakai amrile lebih tepat.
Semoga info otomotif tentang Penyebab dan Tips Mengatasi Knalpot Motor Injeksi Ngebul diatas bisa menjadi referensi bagi kita. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger