Tips Perawatan dan Cara Membersihkan Karburator Motor

Tips Perawatan dan Cara Membersihkan Karburator MotorTips dan Cara Membersihkan Karburator ---Karburator merupakan sebuah komponen pada sepeda motor yang berfungsi untuk mencampur udara dan bahan bakar yang akan dibakar atau diledakkan di dalam ruang pembakaran, hingga bisa menggerakkan mesin. Karburator masih digunakan dalam mesin kecil seperti sepeda motor. Kebanyakan sepeda motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah, namun pada 2005 sudah banyak model baru diperkenalkan dengan injeksi bahan bakar.

Mengingat pentingnya fungsi karburator pada sepeda motor, maka penting sekali bagi pemilik sepeda motor untuk melakukan perawatan rutin, dan selalu membersihkan karburator secara teratur. Karena Jika karburator memiliki gangguan, seperti kemasukan air, maka motor akan sulit dihidupkan. Maka dari itu kondisi karburator harus terus dijaga agar motor anda juga tidak rewel.

Bagi Anda yang rajin mengunjungi bengkel resmi untuk melakukan servis, tentunya tidak perlu pusing tentang perawatan dan cara memebrsihkan karburator. Karena, membersihkan karburator merupakan bagian dari servis standar terhadap sepeda motor kita. Walaupun begitu, melakukan Perawatan dan Membersihkan Karburator Motor harusnya bisa dilakukan sendiri.
Tips Perawatan dan Cara Membersihkan Karburator MotorBerikut adalah Tips Perawatan dan Cara Membersihkan Karburator Motor yang bisa dijadikan referensi dan panduan bagi Anda untuk melakukan pembersihan karburator motor sendiri.

Cara Membersihkan Karburator Motor

Tips Perawatan dan Cara Membersihkan Karburator Motor
Untuk membersikan karburator, yang pertama perlu Anda lakukan adalah melepaskan filter udara pada mulut karburator. Untuk membersihkan filter udara,gunakan cairan pembersih dan biarkan filter mengering dengan sendirinya.

Setelah itu, lepaskan semua baut pengikat karburator. Lalu bersihkan dengan menggunakan kuas secara perlahan dan semprot dengan mengunakan udara bertekanan tinggi.
Tips Perawatan dan Cara Membersihkan Karburator Motor
Gunakan amplas halus untuk membersihkan spuyer dari kotoran Secara hati-hati. Jika Anda ceroboh, maka ukuran diameter spuyer bisa berubah.

Sebelum memasang kembali karburator, atur ketinggian pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong atau stigmat. Begitu selesai mengatur pelampung bensin, pasang kembali semua bagian karburator dan baut pengikat yang tadi telah Anda lepas.
Tips Perawatan dan Cara Membersihkan Karburator MotorSaat ini, mayoritas sepeda motor masih menggunakan karburator dikarenakan lebih ringan dan murah. Juga sistem perawatannya bisa dilakukan sendiri oleh pemilik kendaraan. Namun sejak tahun 2005 sudah banyak sepeda motor model baru telah mengaplikasikan sistem injeksi pengganti karburator pada sistem pembakarannya.

Demikianlah Tips Otomotif tentang Tips Perawatan dan Cara Membersihkan Karburator Motor pada kesempatan kali ini. Semoga Bermanfaat dan Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger