5 Tips dan Cara Membedakan Busi Asli atau Palsu

Beda Busi Asli atau PalsuBeda Busi Asli Dengan Imitasi ---Pada artikel sebelumnya sudah banyak dibahas tentang busi kendaraan ini. Mulai Jenis dan Macam Busi, hingga cara Membaca Kode Busi. Ini penting untuk karena busi merupakan elemen penting pada kendaraan yang berbahan bakar bensin. Komponen yang juga dijuluki bunga api listrik ini punya fungsi utama untuk membakar campuran bensin dan udara guna mendorong piston.

Busi atau spark plug yang berkualitas tentunya akan menghasilkan api pembakaran yang fokus sehingga maksimal. Sayangnya, di pasaran kerap beredar busi asli tapi palsu atau aspal yang sekilas mungkin tak diperhatikan konsumen. Atau mungkinjuga konsumen tidak pernah tahu cara membedakan mana busi asli atau palsu.

Agar tidak salah pilih sat ingin membeli busi, berikut 5 Tips dan Cara Membedakan Busi Asli atau Palsu, yang bisa Anda jadikan panduan untuk mendapatkan busi berkualitas baik:
  1. Pada terminal nut tempat ujung busi yang terhubung dengan cangklong, busi asli memiliki ulir yang lebih halus dan rapi ketimbang busi palsu. Selain itu, penulisan part number pada busi asli rapi dan teratur. Sementara itu, pada busi yang imitasi tulisannya hitam, tepal, dan posisinya tidak rapi.
  2. Di beberapa merek, lanjut Agus, produsen biasanya memberikan nomor lot produksi di bagian heksagonalnya. Busi palsu umumnya tak mencantumkan nomor produksi.
  3. Gasket pada busi asli juga sangat sulit dilepas, andaipun terlepas biasanya tak bisa untuk dipasang kembali. Sedangkan busi imitasi biasanya longgar dan dapat di lepas-pasang.
  4. Metal shell busi yang asli dibuat dari besi baja yang tahan panas, tahan korosi dan warnanya lebih cerah serta tak pudar. Untuk busi palsu, biasanya tampak buram dan mudah berkarat.
  5. Konstruksi ujung elektroda, gap, dan sambungan pada busi asli sangat rapi, sedangkan untuk busi imitasi tak rapi.
Semoga artikel tentang 5 Tips dan Cara Membedakan Busi Asli atau Palsu diatas bisa berguna bagi kita semua untuk mendapatkan busi terbaik. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger