3 Tips dan Cara Memanaskan Kendaraan Yang Benar

Memanaskan KendaraanCara Memanaskan Mesin Mobil dan Motor Yang Tepat ---Pada manusia, sebelum melakukan aktifitas yang berat, pastinya akan melakukan persiapan terlebih dahulu. Begitu juga pada kendaraan. Baik motor ataupun mobil buttuh persiapan sebelum melakukan perjalan. Salah satu persiapan penting kendaraan adalah memanaskan mesin.

Mungkin sebagian sebagian akan menyepelekan perihal memanaskan kendaraan ini. Padahal, jika diabaikan akan berdampak kurang baik pada kendaraan Anda. Walaupun begitu, memanaskan mesin kendaraan sebenarnya butuh kiat-kiat jitu. Fungsinya tentu agar tarikan kendaraan menjadi lebih enak. Sembarangan memanaskan mesin, tarikan kendaraan, baik mobil ataupun sepeda motor malah akan berakibat suara mesin menjadi kasar.

Oleh karena itu, berikut ini adalah 3 Tips dan Cara Memanaskan Kendaraan Yang Benar dan tepat, agar perfoma kendaraan Anda tetap terjaga:

1. Sewaktu Menghidupkan Mesin
Bagi para pengendara sepeda motor, untuk menghidupkan mesin butuh sedikit perlakuan berbeda dibandingkan dengan mobil. Sebelum memutar kunci kontak ke posisi on, Anda sebaiknya menyela dulu 2-3 kali dengan menggunakan kick starter saat kontak dalam posisi off. Hal ini bertujuan untuk memompa oli ke bagian silinder head yang berguna melumasi komponen tersebut setelah kendaraan tak digunakan selama semalaman. Dalam kurun waktu tersebut, oli turun ke bak penampungan dan hanya tersisa sangat sedikit di beberapa komponen, sehingga harus dipompa secara manual terlebih dahulu sebelum sepeda motor dinyalakan. Untuk menghidupkan mesin pada mobil, anda tinggal men-starter dan membiarkan mesin bekerja tanpa beban untuk sementara waktu sebelum kendaraan dijalankan.
2. Jangan Menggeber-geber Mesin
Selama proses pemanasan, pelumas akan mengalir ke seluruh bagian mesin. Jika mesin digeber-geber sebelum suhunya panas, hal tersebut akan membebani kinerja mesin. Pasalnya, pelumas belum menyebar ke seluruh bagian, dan beberapa komponen yang saling bergesekan akan mengalami keausan. Bila Anda kerap menggeber-geber mesin sebelum suhunya panas, akan berdampak pada usia pakai mesin yang menjadi lebih pendek dan mudah rusak.
3. Jalankan Mesin Secara Perlahan
Agar komponen dalam mesin tetap awet, tips berikutnya adalah jalankan kendaraan secara perlahan-lahan untuk beberapa saat dan jangan langsung melakukan akselerasi secara spontan. Bila Anda langsung memacu kendaraan dengan putaran tinggi sesaat setelah dipanaskan sebenarnya tidak memberi efek buruk pada mesin. Namun akibatnya, tarikan mesin menjadi sedikit lambat saat ingin dipacu dalam kecepatan tinggi.
Itulah 3 Tips dan Cara Memanaskan Kendaraan Yang Benar pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger