Tanda Kerusakan Pada Komponen CVT Motor Matic

Tanda Kerusakan Pada Komponen CVT Motor MaticTips Mengetahui Kerusakan CVT Motor Matic ---Secara umum, tanda-tanda kerusakan pada CVT motor MAtic bisa dirasakan pengguna saat mengendarai motor matic. Hal umum yang bisa dirasakan adalah CVT Motor Matic bergetar, CVT Motor Matic bunyi, hingga tenaga motor matic saat akselerasi bawah maupun atas tersendat. Khusus untuk tanda CVT Motor Matic bergetar sudah dibahas pada artikel OtoZones tentang Tips Mengetahui Kondisi CVT Motor Matic sebelumnya. Bagaimana dengan Tanda Kerusakan Pada Komponen CVT Motor Matic lainnya?

Transmisi CVT Motor Matic terdiri dari banyak komponen yang antara satu dengan lainnya saling terkait, hingga fungsinya sebagai penggerak yang menghubungkan roda dengan mesin bisa terlaksana. Masing-masing Komponen CVT Motor Matic ini memiliki umur pakai untuk jangka waktu tertentu. Jika sudah rusak, maka harus diganti dengan yang baru. Beberapa komponen mungkin masih bisa diakali dengan minyak gemuk atau Grease CVT, namun tetap tidak akan maksimal jika tidak diganti dengan yang baru.

Untuk mengetahui gejala kerusakan tersebut, berikut adalah Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kerusakan pada Komponen CVT Motor Matic, yang bisa Anda rasakan saat mengendarai motor matic kesayangan Anda:

TANDA KERUSAKAN ROLLER CVT
Jika Roller CVT rusak, aus, atau sudah sampai umur pakainya, maka akan terasa getaran atau vibrasi pada putaran bawah dan tenaga pada putaran atas tidak maksimal dengan kata lain akselerasi pada putaran atas seperti tertahan.
TANDA KERUSAKAN MANGKUK KOPLING CVT
Ketika mangkuk kopling bermasalah maka gejala yang timbul pada saat motor dijalankan pada putaran bawah dan atas akan terasa jedug-jedug, ndut-ndutan, atau seakan tersendat.
TANDA KERUSAKAN KAMPAS SENTRIFUGAL
Kampas sentrifugal berfungsi untuk menekan dan menahan mangkuk kopling sehingga transfer tenaga diteruskan ke roda. Bila Kampas sentrifugal aus atau rusak, maka Anda bisa merasakan akselerasi motor matic yang sedang dikendarai akan menjadi lambat dan kecepatan menjadi berkurang dari biasanya.
TANDA KERUSAKAN KOMPONEN SECONDARY SLIDING SHEAVE CVT
Secondary sliding sheave merupakan komponen CVT yang berhubungan dengan V-Belt. Ada kemungkinan komponen ini aus maupun tergerus akibat menopang putaran V-Belt secara terus-menerus. Jika ada kerusakan pada komponen Secondary sliding sheave ini, maka akan putaran menengah motor terasa tertahan sesaat dan kemudian baru normal kembali.
TANDA KERUSAKAN KOMPONEN SECONDARY FIXED SHEAVE CVT
Komponen Secondary Fixed Sheave biasanya aus atau rusak pada tiga lobang pin guidenya, ciri-cirinya adalah bila rusak adalah ketiga lubang tersebut melebar. Bila tidak segera diganti maka akan berpengaruh pada Komponen CVT Motor Matic lainnya.
TANDA KERUSAKAN CORONG CVT
Motor Matic Anda Slip? Itu merupakan tanda kerusakan pada komponen corong CVT. Bila corong CVT rusak dan dibiarkan maka akan sedikit fatal, karena bila rusak atau aus ada kemungkinan grease atau gemuk akan bocor. Sehingga v-belt, kampas kopling dan lainnya menjadi slip.
Akhirnya, semoga Tips Mengetahui Tanda-Tanda Kerusakan pada Komponen CVT Motor Matic diatas bisa menjadi referensi bagi Anda. Salam Otozones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger