Tips dan Cara Menghilangkan Kantuk Saat Nyetir

Ngantuk Saat NyetirAntisipasi Untuk Menghilangkan Kantuk Saat Berkendaraan ---Ngantuk merupakan salah satu tanda kelelahan otak. Banyak sebab yang bisa membuat otak kelelahan. Terlalu capek atau begadang merupakan salah satu penyebabnya.

Ngantuk akibat kelelahan otak ini tentunya sangat berbahaya jika anda sedang menyetir atau mengendarai kendaraan. Karena kosentrasi akan berkurang. Ujungnya, kecelakaan yang tidak diinginkan akan terjadi. Lalu, bagaimana solusi untuk Menghilangkan Kantuk Saat Berkendaraan atau menyetir?

CIRI-CIRI MENGANTUK SAAT MENYETIR
Ciri mengantuk saat menyetir biasanya dimulai dengan menguap berulang kali yang disertai mata berair. Kepala kerap ditempelkan pada sandaran dan arah mobil sudah mulai tidak lurus (oleng). Namun, terkadang pengemudi sering mengabaikan kendala-kendala tersebut. Jika dibiarkan terus menerus sangat mungkin kerja otak sempat berhenti kendati mata masih melek, seperti layaknya orang melamun. Ini sangat bahaya!
ANTISIPASI MENGHADAPI KANTUK SEBELUM MENYETIR
Langkah preventif untuk menanggulangi rasa kantuk sebelum mengendarai kendaraan adalah dengan mempersiapkan diri dengan istirahat yang cukup. Tidur minimal 6 jam sebelum melakukan perjalanan. Untuk remaja di bawah 30 tahun, lama tidur yang ideal 8,5 hingga 9 jam. Sedangkan untuk di atas 30 tahun bisa 7 sampai 8 jam.
TIPS SAN CARA HILANGKAN RASA KANTUK SAAT MENYETIR
Ketika rasa kantuk menjelang, obat paling mujarab dan cuma satu-satunya adalah tidur. Jadi, saat mengantuk, sebaiknya meminggirkan kendaraan ke tempat aman, teguklah minuman hangat, seperti kopi lalu rehat sejenak. Setelah terbangun lakukan olahraga ringan guna merenggangkan otot-otot kaku saat mengemudi. Perjalanan bisa Anda lanjutkan kembali.
Ingat! Menyetir dengan kondisi ngantuk sama bahayanya ketika mabuk, yang berdampak hilangnya kewaspadaan serta kemampuan berkendara. Efeknya tidak hanya membahayakan diri Anda tetapi juga bisa membahayakan orang-orang di sekitarnya dan pengguna jalan lain. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk memperhatikan Tips dan Cara Menghilangkan Kantuk Saat Nyetir diatas. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger