Tips Mengenali Ciri Rantai dan Gear Motor Harus Diganti

Tips Mengenali Ciri Rantai dan Gear Motor Harus DigantiCara Merawat Rantai dan Gear Sepeda Motor ---Rantai dan gear motor memiliki pernan penting dalam menggerakkan roda agar motor bisa berjalan dengan baik. Fungsi yang krusial ini terkadang sering disepelekan oleh pemilik sepeda motor. Padahal, tanpa rantai dan gear maka kecanggihan mesin sepeda motor tidak akan ada artinya.

Bila Anda pernah melihat pengendara yang tiba-tiba mendapat masalah pada rantai penggerak motornya, seperti putus saat dalam perjalanan, itu merupakan suatu akibat kurangnya perawatan pada komponen ini. Pemikiran "yang penting motor bisa jalan" bisa menjadi penyebab utamanya. Padahal jika dibiarkan, amat sangat berbahaya bagi si pengendara sendiri.

Sesuai dengan fungsinya, rantai penggerak sepeda motor memang harus mendapat perhatian. Mengecek kekencangan rantai perlu untuk dilakukan. Tidak boleh terlalu kencang ataupun terlalu kendor. Selain itu, perlu juga untuk melakukan perawatan secara teratur agar tidak berkarat. Hilangkan kebiasaan membersihkan rantai penggerak dengan minyak tanah. Karena saat ini sudah banyak dijual pembersih khusus rantai yang sudah tersedia di pasaran.

Untuk mengenali ciri rantai penggerak sepeda motor Anda sudah harus diganti cukup mudah. Perhatikan secara kasat mata permukaan rantai penggerak. Jika sudah aus maka rantai sudah harus diganti. Selain itu, akibat dari rantai yang sudah aus ini, maka akan mengakibatkan putaran yang kurang stabil. Rantai akan berputar kadang kencang dan kadang kendor, karena silnya ada yang kaku karena usia dan juga karena kurangnya perawatan. Lalu, adakah hubungannya rantai dengan gear jika kondisinya demikian?

Rantai penggerak berhubungan erat dengan kondisi gear sepeda motor. Mengenali ciri gear motor yang sudah harus diganti, juga cukup mudah. Jika pada gear motor ada gompal dan jarak antara mata yang satu dengan yang lain sudah tidak sama, maka sudah saatnya gear motor harus diganti. Karena akan mengakibatkan gesekan yang tidak rata dengan rantai penggerak. Dampaknya akan menimbulkan suara yang kurang enak pada rantai saat berputar.

Itulah sedikit tips untuk mengenali ciri-ciri rantai dan gear sepeda motor sudah harus diganti. Sebagai catatan penting, saat keduanya , baik rantai maupun gear sudah bermasalah, maka sangat dianjurkan untuk diganti bersamaan. Ingat! Merawat Rantai dan Gear Sepeda Motor itu jauh lebih murah ketimbang mengganti. Oleh karenanya, lakukan perawatan rantai dan gear sedari sekarang. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger