Penyebab dan Cara Mengatasi Jarum Indikator Bensin Motor Bermasalah

Penyebab dan Cara Mengatasi Jarum Indikator Bensin Motor BermasalahMemperbaiki Jarum Indikator Bensin Ngaco ---Pernakah Anda mengalami kehabisan bensin di tengah jalan padahal jarum penunjuk indikator bensin masih penuh? Jika ini terjadi kepada Anda, pasti sangat menjengkelkan bukan? Itulah salah satu dampak yang terjadi jika jarum bensin pada sepeda motor sudah mulai bermasalah.

Seperti kita ketahui, keberadaan Jarum bensin pada motor sangat vital. Dengan indikator tersebut, pengendara dapat memperhitungkan kapan harus mengisi bahan bakar sebelum benar-benar habis. Apalagi bagi pengendara yang sedang menempuh perjalanan jauh, keberadaan jarum indikator bensin sangat diperlukan.

Selain karena dalam perjalanan, membiasakan mengisi bahan bakar sebelum habis memang harus terus dilakukan. Dengan mengisi bensin secara teratur sebelum tangki bensin kosong, tentunya dapat menjaga keawetan mesin motor. Selain itu, pastinya akan sangat merugikan ketika bensin habis tanpa disadari. Tidak hanya waktu yang terbuang, tetapi juga tenaga yang harus dikeluarkan untuk mendorong motor ke pom bensin terdekat. Oleh karena itu, keberadaan Jarum Indikator Bensin Motor sangat vital. Lalu, bagaimana jika Jarum Indikator Bensin Motor bermasalah?

Sesuai dengan fungsinya, jarum indikator bensin akan memberikan notifikasi kepada pengendara untuk mengetahui seberapa banyak bensin yang masih tersedia dalam tangki motor. Namun fungsi ini tidak akan bisa optimal jika jarum indikator bahan bakar ini bermasalah. Berikut adalah beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Jarum Indikator Bensin Motor Bermasalah, seperti dibawah ini:

AKI MOTOR BERMASALAH
Jarum bensin tidak mungkin bisa berfungsi tanpa sumber listrik atau aki. Periksa kondisi aki motor dengan cara menekan tombol klakson atau electric starter. Jika tidak normal lagi, segera ganti atau perbaiki jika masih memungkinkan.
PELAMPUNG BENSIN BERMASALAH
Periksa juga kondisi pelampung bensin. Untuk mengecek keadaan komponen yang satu ini buka peranti besi yang berada di sebelah tutup bensin dengan obeng plus. Lepas soketnya dan sambungkan dua kabel yang menganga di dalamnya dengan jumper atau penghantar listrik lain. Jika jarum speedometer bergerak, berarti pelampung bensin bermasalah. Pelampung bensin bisa rusak atau merenggang karena tekanan saat pengisian bensin ke dalam tangki. Bisa diatasi dengan mengikat atau menambahkan cincin, namun akan lebih baik untuk menggantinya dengan yang baru.
JALUR KELISTRIKAN TERHAMBAT
Disamping kedua hal yang disebutkan diatas, jalur kelistrikan yang terhambat juga bisa mengakibatkan jarum bensin tidak bekerja. Cek jalur kabel yang menggerakkan jarum tersebut dengan menggunakan alat pengukur arus.
SPEEDOMETER BERMASALAH
Setelah dilakukan pengecekan, jika ketiga hal diatas masih bekerja dengan baik tanpa masalah, maka hanya ada satu kemungkinan. Yaitu ada bagian pada speedometer yang rusak dan mengganggu kerja jarum bensin. Perbaiki atau ganti speedometer motor dengan yang baru untuk mengatasi hal tersebut.
emikianlah artikel Tips dan Info Otomotif tentang beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Jarum Indikator Bensin Motor Bermasalah pada kesempatan kali ini. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger