Tips Agar Rem Tromol Motor Lebih Pakem dan Mantab

Tips Agar Rem Tromol Motor Lebih Pakem dan MantabCara Agar Rem Tromol Motor Lebih Kuat Mencengkeram ---Komponen rem pada sepeda motor terkait erat dengan keselamatan berkendara. Fungsinya juga sudah sangat jelas, yaitu untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan ketika sedang melaju. Tentunya akan berakibat sangat fatal apabila fungsi pengereman tidak berfungsi secara optimal.

Dilihat dari mekanisme kerjanya, komponen pengereman pada sepeda motor terbagi menjadi dua, yaitu sistem pengereman menggunakan tromol atau rem tromol, dan sistem pengereman menggunakan cakram atau Disc Brake. Dari sisi teknologi, sistem pengeraman menggunakan cakram sudah lebih maju dan di klaim paling pakem saat memperlambat hingga menghentikan laju kendaraan. Lalu, bagaimana dengan rem tromol?

Rem tromol pada sepeda motor adalah sistem pengereman yang menggunakan tromol yang kemudian akan ditekan oleh kanvas untuk menghentikan laju. Jika sistem pengereman ini tidak maksimal, maka keselamatan pengendara juga akan berkurang.

Agar Rem Tromol Motor Lebih Pakem

Tips Agar Rem Tromol Motor Lebih Pakem dan Mantab
Ada cara mudah untuk membuat rem tromol motor Anda semakin pakem dan mantap saat menghentikan laju kendaraan. Pertama, buka as roda dan baut yang terhubung dengan tromol. Lepaskan dudukan kampas rem dan tromol secara perlahan. Bersihkan tromol menggunakan lap bersih atau angin bertekanan tinggi.
Selanjutnya, lepas dan rendam kampas rem dengan air biasa hingga meresap. Kemudian keringkan dengan panas matahari. Pasang kembali kampas ke dudukan rem, lalu oleskan sabun colek pada tromol dan kampas rem. Jangan lupa untuk mengatur kekecangan baut kabel rem pada rem tromol, agar sesuai dengan yang Anda inginkan.
Tips Agar Rem Tromol Motor Lebih Pakem dan Mantab
Agar lebih pakem lagi, bisa mengganti paha rem tromol bawaan ke yang lebih panjang seperti pada gambar diatas. Sehingga dengan tarikan sedikit pada kabel rem, akan terasa lebih menggigit dan pakem. Namun tetap harus disesuaikan dengan kebutuhan, agar tetap nayman dan aman sangat digunakan.
Demikianlah Tips Otomotif tentang Tips dan Cara Agar Rem Tromol Motor Lebih Pakem dan Mantab pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger