Cara Perawatan Rem Cakram Mobil Agar Tetap Optimal

Cara Perawatan Rem Cakram Mobil Agar Tetap OptimalTips Perawatan Rem Cakram Mobil ---Sekali lagi, fungsi rem pada kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil amat sangat vital pada kendaraan. Ada beberapa jenis rem yang biasa dipakai pada kendaraan. Salah satunya adalah jenis rem yang menggunakan cakram atau Disc Brake. Rem cakram banyak di apalikan pada jenis-jenis mobil modern sekarang ini. Karena dari daya cengkeram dan ketangguhannya, rem cakram bisa diandalkan.

Semakin canggih jenis rem yang digunakan, maka semakin dibutuhkan perawatan ekstra agar rem tersebut bisa berfungsi dengan baik dan tidak membahayakan pengendara. Dan khusus untuk jenis rem cakram pada mobil, ada beberapa tips dan cara perawatan yang perlu dilakukan oleh pemilik kendaraan.

Berikut adalah beberapa Tips dan Cara Perawatan Rem Cakram Mobil yang bisa Anda lakukan, agar kondisi rem bisa berjalan dengan baik.

Cara Perawatan Rem Cakram Mobil

Cara Perawatan Rem Cakram Mobil Agar Tetap Optimal
Berdasarkan buku panduan servis biasanya tertera masa perawatan yang perlu dilakukan pada rem cakram mobil. Lakukan perawatan rem cakram setiap 10.000 km. Bersihkan cakram dan kampas rem dari kerikil dan kotoran kecil lainnya. Namun jika dirasa kondisi rem cakram tidak optimal lagi, lakukan segera perawatan walaupun jarak tempuh belum tercapai seperti pada buku panduan.

Selain itu, selain rutin dibersihkan, pastikan juga untuk selalu menggunakan kampas rem orisinal atau asli. Material kampas rem yang baik mampu mencengkeram kuat namun tetap lembut bagi piringan. Sehingga tidak abrasif atau mengikis permukaan piringan cakram mobil.
Perlu diperhatikan sekali bagi pemilik mobil, bahwa kotoran yang menempel pada cakram dan kampas rem, baik berupa kerikil ataupun kotoran kecil lainnya seperti tanah liat, dapat menyebabkan bidang kontak antara cakram dengan kampas jadi berkurang. Pengereman pun tidak maksimal.

Bila hal ini dibiarkan, kotoran ini bisa menyebabkan kerusakan pada piston kaliper. Jika salah satu piston macet (kiri atau kanan), tekanan akan berkurang. Mobil pun akan membuang ke kiri atau ke kanan akibat perbedaan tekanan pengereman antara roda kiri dan kanan. Karenanya perlu sekali dilakukan perawatan secara berkala pada rem cakram mobil ini.

Itulah sedikit Info Otomotif Terbaru tentang Tips dan Cara Perawatan Rem Cakram Mobil Agar Tetap Optimal pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger