3 Tips Perawatan Wiper Mobil Agar Berfungsi Dengan Baik

Perawatan Wiper MobilCara Membersihkan Wiper Mobil ---Bagian mobil satu ini mungkin jarang mendapat sentuhan dari pemilik kendaraan. Pentingnya keberadaan wiper mobil baru akan terasa manakala ia tidak lagi berfungsi dan berpengaruh kepada kenyamanan. Bisa Anda bayangkan, apa yang terjadi jika wiper mobil tidak berfungsi saat hujan lebat, plus cipratan air bercampur lumpur?

Disaat kondisi hujan, wiper merupakan bagian terpenting dari sebuah mobil. Karena fungsi utamanya adalah sebagai penyapu air dan kotoran dari kaca depan agar pandangan pengemudi ke luar kabin tetap jelas dan bersih. Fungsi utamanya ini tentunya bisa berjalan dengan baik jika kondisi karet wiper mobil tersebut belum getas atau mengeras. Apa yang terjadi jika wiper mobil sudah getas atau mengeras, dan tetap digunakan?

Bila wiper mobil tetap digunakan saat kondisinya demikian, maka kotoran bisa saja menempel di karet saat wiper bekerja. Dampaknya akan membuat kaca baret halus, bila terus terjadi akan membuat goresan dan bisa mengganggu pandangan. Terutama saat malam hari ketika berhadapan dengan sinar lampu mobil dari arah berlawanan. Oleh karena itu, Anda perlu tahu beberapa Tips Perawatan Wiper Mobil Agar Berfungsi Dengan Baik.

berikut adalah 3 Tips Perawatan Wiper Mobil Agar Berfungsi Dengan Baik dan tidak menyebabkan kerusakan yang lebih para kaca depan mobil kesyangan Anda:

BERSIHKAN WIPER MOBIL DENGAN LAP ATAU TISU
Apabila karet wiper sudah menunjukan tanda-tanda getas wajib langsung dibersihkan, caranya bisa menggunakan lap atau tisu. Meski begitu bila kondisinya sudah terlalu keras Jacob menyarankan harus langsung diganti.
GUNAKAN LARUTAN PEMBERSIH SESUAI ATURAN
Masalah lain yang terkadang kurang diperhatikan yakni tentang penggunaan larutan pembersih kaca pada wiper. Mencampur larutan pembersih tidak boleh asal dan wajib mengikuti aturan sesuai produk. Pencampuran yang terlalu pekat hasilnya jadi lengket di kaca. Efek panjangnya, karena menggunakan bahan kimia, struktur molekul kaca bisa berubah, nanti terlihat ada 'pelangi' yang menganggu pandangan pengemudi.
PERIKSA LUBANG PENYEMPROT AIR
Komponen wiper mobil yang juga perlu diawasi yaitu lubang penyemprot air wiper. Bila tidak bekerja maksimal, kemungkinan motor tidak berfungsi dengan baik atau bahkan sudah rusak. ada kebocoran pada selang atau tidak tersambung dengan baik. Periksa juga ketersediaan air di tempat penyimpanan. jika masih ada, kemungkinan lubang penyemprot mampat atau semprotan air tidak tepat sasaran.
Semua Tips Perawatan Wiper Mobil diatas bisa menjadi referensi, Agar Wiper Mobil Anda tetap bisa Berfungsi Dengan Baik. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger