9 Tips Irit Bensin Saat Menggunakan Sepeda Motor

Irit Bensin MotorCara Hemat Bahan Bakar (BBM) Motor ---Kondisi sepeda motor yang kita kendarai selama ini selalu menjadi patokan irit atau tidak penggunaan bahan bakar. Hal ini juga yang memicu berbagai produsen sepeda motor selalu menggunakan jargon "irit" disetiap produk terbaru mereka. Alhasil, perang merk dan iklan pun terjadi bahwa sepeda motor merekalah yang paling irit. Tapi, benarkah hanya karena motornya keiritan BBM bisa di dapat?

Satu hal yang banyak dilupakan orang bahwa selain pengaruh sepeda motornya, perilaku pengendara juga menjadi faktor besar terhadap irit atau tidaknya penggunaan bahan bakar. Lalu, pengendara seperti apakah yang membuat Hemat Bensin Motor tersebut?

Berikut adalah 9 Tips dan Cara Irit BBM atau Hemat Bensin Saat Menggunakan Sepeda Motor, seperti dibawah ini:
  1. Persiapkan perjalanan Anda dengan baik. Tentukan rute terdekat dan siapkan perlengkapan berkendara, seperti helm, jaket, dan sarung tangan. Hal ini akan membuat perjalanan Anda menjadi efektif. Bayangkan jika Anda nyasar atau banyak berhenti di perjalanan. Pastinya bahan bakar akan boros.
  2. Pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan terawat baik. Periksa tekanan angin pada ban depan dan belakang serta jarak bebas main rem. Jangan lupa mengisi bahan bakar hingga full tank.
  3. Tempatkan diri dan kendaraan Anad agar dengan mudah melihat kondisi sekitar. Selalu perhatikan kondisi lalu lintas. Postur tubuh yang baik membuat perjalanan lebih nyaman, tidak mudah capek, dan anggota tubuh menjadi responsif terhadap kondisi jalan. Posisi lutut dan telapak kaki juga mempengaruhi dalam pemakaian BBM. Jika ingin irit, hadapkan lutut dan telapak kaki ke dalam untuk mengurangi hambatan akibat terpaan angin.
  4. Buka gas secara perlahan-lahan. Apalagi untuk motor matic, sebab motor jenis ini cenderung lebih boros untuk hentakan pertama.
  5. Jangan buka gas motor Anda jika memang belum diperlukan.
  6. Saat mengendara, gunakan rem seperlunya. Sebab rem akan mengurangi performa kendaraan.
  7. Jaga kecepatan antara 40-60 km/jam.
  8. Mengurangi terpaan/hambatan angin dapat menghemat pemakaian BBM.
  9. Kurangi juga berat badan jika Anda terlalu gemuk. Sebab, badan gemuk akan menambah bobot motor. Semakin berat beban yang dibawanya, semakin banyak pula konsumsi bahan bakarnya.
Itulah 9 Tips dan Cara Irit BBM atau Hemat Bensin Saat Menggunakan Sepeda Motor pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger