8 Tips Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan Tiba

Motor Saat Musim HujanPersiapan Motor Menghadapi Musim Hujan ---Musim hujan seakan menjadi momok bagi kita yang memiliki mobilitas tinggi. Hal ini akan semakin parah jika sebagian besar aktifitas kita diluar ruangan menggunakan sepeda motor. Karenanya, tidak hanya kekuatan fisik yang prima yang perlu dipersiapkan, tetapi juga sepeda motor yang menemani kita juga perlu mendapat perawatan ekstra agar bisa menghadapi musim hujan. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan untuk merawat dan mempersiapkan sepeda motor untuk menghadapi musim hujan?

Berikut adalah 8 tips merawat dan mempersiapkan sepeda motor agar mampu menghadapi musim hujan, seperti dibawah ini:
  1. Pastikan lampu-lampu berfungsi dengan baik atau dalam kondisi menyala. Lampu-lampu terdiri dari lampu utama (depan-belakang), lampu stop, dan lampu sein.
  2. Pastikan tebal alur ban minimal 1 mm, dilihat pada tanda TWI atau Tread Wear Indikator. Pilihlah juga ban yang bisa untuk kondisi jalan basah.
  3. Pastikan kondisi busi dan cop (tutup busi) dalam kondisi baik. Jika kondisinya tidak baik, busi akan rawan mati saat menerjang genangan air.
  4. Bersihkan dan lumasi rantai roda (untuk pengguna sepeda motor tipe cub/ bebek dan sport).
  5. Pastikan selang pernafasan karburator (tipe sepeda motor karburator) tidak tersumbat dan aman pada saat menerjang genangan air.
  6. Pastikan kondisi rem depan dan belakang berfungsi dengan baik. Jika kanvas aus, segera ganti, karena akan mempengaruhi performa rem saat dibutuhkan.
  7. Usahakan saringan udara tidak kemasukan air pada saat menerjang genangan.
  8. Pastikan cara kerja gas (termasuk handel dan kabelnya) baik. Hindari saat terkena air hujan, kabel dan handel terasa seret.
Itulah 8 tips merawat dan mempersiapkan sepeda motor agar mampu menghadapi musim hujan yang bisa Anda praktekkan. Semoga bermanfaat dan salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger