Tips dan Cara Menjaga Agar Mobil Tidak Dicuri

Agar Mobil Tidak Dicuri7 Cara Menghindari Pencurian Mobil ---Selain sistem pengamanan mobil yang sudah usang, sebagian besar kejadian pencurian mobil biasanya disebabkan oleh kecerobohan pemilik mobil. Karena terkadang pencurian mobil terjadi karena pemilik memberikan kesempatan atau membuat timbulnya niat orang untuk mencuri. Ini yang banyak dan sering terjadi. Oleh karena itu, jika Anda sayang dengan mobil Anda, cobalah untuk mempersempit kesempatan untuk mencuri. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan?

Berikut ini adalah yang bisa Anda lakukan sebagai pemilik mobil untuk menghindari pencurian dan menjaga Agar Mobil Tidak Dicuri karena adanya kesempatan:

PASTIKAN MOBIL ANDA TERKUNCI
Ini mungkin terdengar konyol, mana ada orang yang akan meninggalkan mobilnya dalam keadaan tidak terkunci. Namun, kenyataannya, ada saja orang yang lupa untuk mengunci pintu mobilnya. Atau, ada juga yang memercayakan pintu mobil untuk terkunci sendiri ketika ditinggalkan. Padahal, membiarkan mobil terkunci secara otomatis adalah hal yang riskan, sebab bisa saja mobil mengalami error sehingga tidak akan mengunci, atau yang terburuk adalah pencuri dengan cepat membuka pintu mobil dari sisi lain dalam jeda waktu Anda meninggalkan mobil dan sebelum pintu mengunci secara otomatis.
PARKIR MOBIL ANDA DI TEMPAT RAMAI
Ketika Anda akan memarkirkan kendaraan, ketahuilah bahwa area yang terpisah, gelap, dan tidak banyak dilalui orang adalah kesempatan yang tepat bagi pencuri untuk mengambil mobil Anda. Parkirlah di tempat ramai. Akan tetapi, apabila ternyata tempat parkir yang tersedia hanyalah di area yang terpencil, pastikan bahwa STNK dan karcis parkir mobil Anda dibawa, jangan ditinggalkan di dalam mobil.
PASANG KUNCI PENGAMAN TAMBAHAN
Semakin banyak rintangan yang Anda berikan kepada pencuri, semakin aman mobil Anda. Walaupun terlihat jadul, tidak canggih, dan murah, tapi kunci setir merupakan salah satu perangkat pengaman yang cukup efektif, atau setidaknya akan memperlama pencuri dalam menjalankan aksinya. Selain kunci setir, alat pengaman standar yang banyak digunakan oleh mayoritas orang adalah alarm. Alarm mobil biasanya sudah terpasang ketika Anda membeli mobil. Selain dua hal tersebut, Anda mungkin juga ingin memasang immobilizer, yakni alat yang terkoneksi dengan kunci mobil utama Anda sehingga mobil tidak dapat dihidupkan kecuali dengan kunci utama.
JANGAN LENGAH WALAU PARKIR DIRUMAH
Kebanyakan orang akan selalu siaga dengan pencuri mobil ketika bepergian, tetapi ketika kembali ke rumah, mereka akan merasa aman dan meninggalkan mobil dalam keamanan yang minim. Itu adalah kesalahan yang fatal. Walaupun mobil Anda telah masuk ke garasi dan Anda sudah sangat mengenal lingkungan tempat tinggal Anda, pencuri tidak akan pandang bulu. Jika memang mobil Anda yang ada di garasi sangat mudah untuk dicuri, pencuri pun akan beraksi. Karena itu, jangan pernah tinggalkan mobil dalam keadaan tidak terkunci, jendela tidak ditutup, kunci mobil masih menggantung, dan pintu garasi tidak ditutup.
JANGAN MERASA TIDAK ADA YANG BAKAL MENCURI MOBIL TUA ANDA
Tidak peduli seberapa tua umur mobil Anda dan seberapa jelek atau lecet, Anda tidak boleh merasa aman bahwa tidak ada pencuri yang akan mengambil mobil tersebut. Banyak juga pencuri yang memilih mobil tua untuk dijual di daerah pedalaman atau justru untuk menjual komponen-komponennya. Mobil tua justru memiliki tingkat keamanan yang minim dibanding mobil baru sehingga pencuri pun tak akan repot untuk menjebolnya.
JANGAN TINGGALKAN MOBIL DENGAN MESIN MENYALA
Ketika cuaca sedang panas, Anda akan tergiur untuk meninggalkan mobil dalam keadaan menyala agar AC tetap dapat mendinginkan suhu di dalam mobil. Hal ini biasanya dilakukan ketika Anda akan meninggalkan mobil untuk waktu singkat, misalnya ke ATM atau ke minimarket. Jika hal itu yang Anda lakukan, Anda telah melakukan kesalahan besar. Hanya butuh beberapa detik bagi pencuri untuk mengambil Anda, terutama jika mesin mobil dalam keadaan menyala.
Semoga dengan dengan mengikuti Tips dan Cara Menjaga Agar Mobil Tidak Dicuri diatas, maka mobil kesayangan kita bisa terjaga dari pencurian. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger