Tips Membeli Mobil Yang Irit Bahan Bakar

Mobil Yang Irit Bahan Bakar7 Ciri-Ciri Mobil Yang Hemat BBM ---Jika diamati, ada banyak artikel di Blog OtoZones ini yang membahas tentang penghematan BBM pada kendaraan, baik sepeda motor ataupun mobil. Penghematan bahan bakar tidak hanya berkaitan dengan biaya, tetapi juga untuk lingkungan. Silahkan baca dua artikel sebelumnya tentang penghematan BBM pada kendaraan:
Namun jika kita amati semua pembahasan pada artike diatas, penghematan bahan bakar kendaraan selalu berkaitan erat dengan perilaku pengemudi atau pengguna. Cara mengemudi yang benar dan perilaku pengguna terhadap kendaraan yang dimilikinya menjadi dasar penghematan BBM. Lalu, adalah semacam teknologi atau kendaraan yang sejak dari pabriknya sudah diatur sedemikian rupa agar hemat Bahan bakar?

Khusus bagi Anda yang berencana ingin membeli mobil, atau ingin mengganti mobil yang lama dengan baru karena boros bahan bakar, sebenarnya ada ciri-ciri mobil yang sejak dari pabriknya sudah ditanamkan teknologi yang mampumenghemat bahan bakar. Seperti apakah jenis mobil demikian?

Berikut ini adalah Tips Membeli Mobil Yang Irit Bahan Bakar, jika dilihat dari ciri-ciri mobil yang sudah mengadopsi tewknologi terbaru yang mampu menghemat BBM:

MOBIL DENGAN MESIN MINIM FRIKSI
Ketika mesin mobil semakin kecil, mengurangi friksi yang terjadi di dalam mesin merupakan salah satu upaya penting untuk menghemat bahan bakar tanpa harus mendesain ulang mesin tersebut. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengurangi terjadinya friksi atau gesekan antara komponen-komponen yang ada di dalam mobil.
MOBIL DENGAN GRILL AKTIF
Mesin mobil tidak akan bekerja efisien ketika dalam keadaan dingin. Grill aktif yang dapat menutup akan membantu mesin untuk panas lebih cepat dengan menghalangi udara dingin yang masuk melalui grill depan dan melewati radiator sebelum ke bagian mesin. Dengan demikian, konsumsi bahan bakar untuk memanaskan mesin menjadi lebih sedikit. Grill aktif ini dapat ditemui pada mobil Cadillac ATS atau Ford Fiesta.
MOBIL YANG MEMILIKI POWER STEERING ELEKTRIK
Sistem power steering elektrik ini menggantikan sistem power steering konvensional yang menggunakan hidraulik. Penggunaan power steering elektrik dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga enam persen pada beberapa kendaraan karena sistem ini tidak menggunakan energi sama sekali ketika kemudi tidak digerakkan untuk membelokkan ban.
MOBIL DENGAN MESIN DIESEL
Mesin diesel menjadi semakin populer karena teknologinya sudah semakin maju sehingga tidak lagi mengeluarkan polusi cukup banyak. Mesin diesel biasanya lebih hemat penggunaan bahan bakar 20 persen hingga 30 persen dibanding mobil dengan bahan bakar biasa. Teknologi injeksi bahan bakar pada mesin diesel telah menghilangkan asap hitam yang dulu biasa terlihat pada mobil diesel.
MOBIL YANG MEMILIKI SISTEM START-STOP
Sistem start-stop, salah satunya terdapat pada mobil Volkswagen Golf, akan menghemat konsumsi bahan bakar dengan mematikan mesin secara otomatis ketika mobil sedang dalam posisi tidak aktif, misalnya ketika berhenti di lampu lalu-lintas atau menunggu di perlintasan kereta. Mesin mobil pun akan kembali menyala dalam waktu 1/10 detik. Penggunaan sistem start-stop ini dapat menghemat bahan bakar hingga enam persen.
MOBIL YANG MENGGUNAKAN BATERE LITHIUM ION
Kendaraan hybrid pada awalnya menggunakan baterai nickel-metal hydride, lalu pada kendaraan hybrid terbaru mulai menggunakan baterai lithium ion. Penggunaan baterai lithium ion pada mobil hybrid dapat meningkatkan jarak tempuh kendaraan, kecepatan maksimal, dan konsumsi bahan bakar. Akan tetapi, baterai lithium ion lebih sulit untuk dirawat dan suhunya harus dijaga tetap stabil agar tidak menimbulkan kebakaran.
MOBIL YANG MENGGUNAKAN BAN MINIM FRIKSI
Ban jenis ini akan mengurangi friksi yang terjadi antara jalan raya dengan alur-alur pada ban. Dengan demikian, energi yang dikeluarkan oleh mesin menjadi lebih sedikit untuk melajukan kendaraan.
Nah, jika mobil yang ingin Anda beli memiliki 7 ciri diatas, maka Anda sudah bisa menghemat bahan bakar. Tentunya, dengan perilaku yang baik saat Anda mengemudi, maka hasil penghematan bahan bakar akan lebih maksimal lagi. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger