5 Tips Irit BBM Untuk Pengguna Motor Matic

Pengguna Motor MaticTips Agar Motor Matic Irit BBM ---Penggunaan motor matic saat ini sudah memasuki berbagai usia dan gender. Kepopuleran motor matic semakin hari semakin menggeser dominasi motor bebek di jalanan. Namun seiring waktu, konsumsi BBM yang dirasa pengguna motor matic terasa begitu boros. Hal ini dikarenakan mind set yang berkembang tentang borosnya motor matic. Lalu, benarkah motor matic itu boros?

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang Tips Irit Bensin Motor secara global. Dari artikel tersebut diketahui bahwa penyebab utama borosnya bensin adalah perilaku pengendara sendiri. Lalu, bagaimana perilaku pengendara yang baik agar bisa irit bbm?

Berikut adalah 5 Tips Agar Motor Matic kesayangan Anda bisa Irit BBM dan tidak membuat tekor kantong Anda:

1. Jangan terlalu lama panaskan mesin
Sebelum beraktivitas mengguankan sepeda motor, memanaskan kendaraan sudah menjadi barang wajib. Tetapi ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan, termasuk sebisa mungkin menggunakan kick stater daripada mengguankan tombol starter. Apabila terpaksa menggunakan tombol starter, pastikan turut menarik rem belakang. Kemudian hindari menarik tuas gas agar bensin tidak menguap percuma.
2. Tarik tuas gas dengan perlahan
Kebiasaan menggeber-geber tuas gas sebisa mungkin dihindari. Ketika dalam posisi berhenti, tariklah tuas gas dengan perlahan dan jangan langsung menyentaknya.
3. Jangan sering-sering rem mendadak
Beda dengan motor bebek maupun sport yang bisa memanfaatkan engine brake untuk mengurangi laju kendaraan, sepeda motor matik hanya menggunakan rem depan dan belakang. Penting diperhatikan agar tidak terlalu sering melakukan pengereman secara mendadak atau terlalu dalam. Oleh karena itu, perhatikan laju kendaraan Anda.
4. Pakai bensin dengan kualitas terbaik
Selain cara dan sikap berkendara di jalan, faktor pengguanan bahan bakar juga tak luput dari perhatian. Baiknya, gunakanlah bensin dengan oktan di atas 90 persen agar pembakaran di ruang mesin jauh lebih sempurna.
5. Jangan bawa barang berlebih
Tak dapat dipungkiri, makin beratnya beban motor akan membutuhkan bukaan gas yang lebih sehingga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Oleh sebab itu, bawalah barang-barang sesuai kebutuhan. Tak cuma bisa membuat konsumsi bensin jadi lebih banyak, membawa barang-barang di ambang batas juga bisa mengganggu kenyamanan selama berkendara.
Semoga Tips dan Info Otomotif tentang 5 Tips Irit BBM Untuk Pengguna Motor Matic diatas bisa berguna bagi kita semua. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger