Tips Membaca Kedipan Lampu Indikator Kerusakan Motor Injeksi

Membaca Kedipan Lampu Indikator Kerusakan Motor InjeksiKode Kerusakan Lampu Indikator Injeksi ---Mungkin sebagian besar pengguna dan pemilik sepeda motor injeksi tidak mengetahui keberadaan Lampu Indikator Kerusakan atau Malfunction Indicator Light (MIL) yang ada di sepeda motornya. Lampu indikator MIL ini terletak di panel speedometer. Sesuai dengan namanya, lampu ini berfungsi sebagai notifikasi terhadap kondisi mesin, khususnya kondisi sensor-sensor pada motor injeksi.

Jika dicermati lagi, sebenarnya sejak motor injeksi baru sampai ke tangan pengguna telah tertempel stiker yang memperingatkan kepada pengguna untuk segera membawa motornya ke bengkel resmi apabila lampu indikator ini menyala. Sayangnya, stiker peringatan ini biasanya dilepas dan dibuang. Sehingga peringatan lampu indikator bisa saja terabaikan. Namun bagi pemilik motor injeksi yang perduli dengan sepeda motornya, perlu juga untuk mengetahui arti Kedipan Lampu Indikator Kerusakan Motor Injeksi ini.

Bagi orang bengkel mungkin sudah paham betul dengan notifikasi Kedipan lampu indikator ini. Namun bagi pengguna yang ingin mengetahui kerusakan yang terjadi, bisa melakukan penghitungan pada jumlah Kedipan yang muncul pada lampu indikator. Khusus untuk motor injeksi pabrikan Honda, telah memiliki standar kode yang berupa jumlah dari Kedipan MIL tersebut.

Kedipan Lampu Indikator Kerusakan Motor Injeksi terdiri atas satuan dan puluhan. Untuk satuan lampu berkedip antara 0,3 atau 0,4 detik. Sedangkan puluhan ditandai dengan Kedipan lebih lama. Jumlah Kedipan ini nantinya akan membentuk kode yang merepresentasikan kerusakan yang terjadi pada sistem motor injeksi. Dan secara lengkap, berikut adalah cara mengetahui kerusakan motor injeksi dengan membaca Kedipan Lampu Indikator Kerusakan, seperti berikut ini:

1 Kedipan
Kode ini memastikan motor Anda mengalami kerusakan pada Manifold Absolute Pressure (MAP) yang mendeteksi tingkat kevakuman pada intake manifold.
7 Kedipan
Apabila kode ini muncul, Engine Oli Temperatura atau Engine Coolent Temperature mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan sistem pembakaran tidak bisa bekerja secara maksimal yang berimbas pada pemborosan bahan bakar.
8 Kedipan
Kode ini menunjukkan terjadinya gangguan pada sensor Throttle Position. Kerusakan pada sensor tersebut menyebabkan pemborosan bahan bakar dan sulit starter.
9 Kedipan
Dipastikan Intake Air Temperature Anda mengalami gangguan. IAT sendiri bekerja dengan cara mendeteksi suhu udara yang melewati throttle body, kemudian mengubah suhu menjadi sinyal listrik yang dikirim ke ECU. Dengan adanya sensor IAT, jumlah bahan bakar yang diinjeksikan akan selalu pada tingkat yang optimal.
12 Kedipan
Kode ini menunjukkan Injector sepeda motor Anda mengalami masalah. Gangguan ini biasanya menyebabkan motor tak bisa dinyalakan.
21 Kedipan
Gangguan sensor O2 akan diproyeksikan melalui kode ini. Sensor ini sendiri befungsi untuk mendeteksi gas buang terhadap gas-gas beracun dan kondisi pembakaran mesin.
29 Kedipan
Idle Air Control Valve merupakan komponen yang membantu dalam penyalaan mesin. Apabila kode ini muncul, dipastikan IACV Anda mengalami gangguan.
33 Kedipan
Apabila Anda mengalami kode ini, dipastikan sepeda motor Anda tidak akan bisa menayala. Pasalnya kode ini mengindikasi bahwa terjadi gangguan pada ECM (Engine Control Module) yang merupakan otak dari seluruh pengaturan sistem injeksi.
54 Kedipan
Kode ini menunjukkan terjadi kerusakan pada sensor Bank Angle. Sensor ini berfungsi mematikan tenaga ketika mesin mengalami kemiringan mencapai 60 derajat.
Tips penting bagi pemilik sepeda motor injeksi, apabila Lampu Indikator Kerusakan Motor Injeksi berkedip segeralah bawa ke bengkel resmi seperti yang direkomendasikan. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger