Tips Mempersiapkan Kendaraan Untuk Perjalanan Jauh

Mempersiapkan KendaraanTips Mempersiapkan Kendaraan Untuk Perjalanan Jauh ---Pada artikel sebelumnya sudah disinggung tentang faktor kecelakaan dijalan disebabkan oleh faktor pengendara atau faktor manusianya. Karenanya pengendara harus memperhatikan 3 Tips Untuk Mencegah Kecelakaan Saat Berkendara. Lalu, apa faktor lainnya yang menyebabkan kecelakaan selain dari faktor manusia atau pengendaranya?

Selain faktor manusianya, kecelakaan di jalan disebabkan juga oleh faktor kendaraannya. Oleh karena itu, penting bagi pengendara untuk mempersiapkan kendaraannya jika ingin dipergunakan untuk perjalanan jauh. Dan berikut ini adalah beberapa tips mempersiapkan kendaraan untuk perjalanan jauh agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan di perjalanan.

SERVIS KENDARAAN ANDA
Mobil pribadi, pinjaman, sewa, atau sepeda motor wajib dipastikan kondisinya prima sebelum dipakai untuk menempuh jarak ratusan kilometer. Demi memperoleh pemeriksaan yang lebih terjamin, kunjungi bengkel dan minta perbaikan jika ada kerusakan sekecil apapun. Servis bisa dilakukan setidaknya tiga hari sebelum hari keberangkatan untuk perjalan jauh.
CEK ULANG KONDISI KENDARAAN ANDA
Lakukan kebiasaan memeriksa ulang kondisi kendaraan jelang keberangkatan dan setiap berhenti istirahat di tempat-tempat yang aman saat dalam perjalan jauh. Beberapa hal yang wajib diperiksa, mulai dari bahan bakar minyak (BBM), kondisi tekanan angin pada ban, rem, air radiator, wiper, rantai, lampu-lampu, standar motor, kondisi oli, kaca spion, hingga busi.
PASTIKAN DOKUMEN PERJALANAN ANDA LENGKAP
setiap kendaraan wajib memiliki kelengkapan surat kendaraan. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) pastikan dibawa dan dalam kondisi tidak telat pembayaran pajaknya.
Itulah tips mempersiapkan kendaraan untuk perjalanan jauh agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan di perjalanan. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger