Tips Mengenali Kapan Motor Harus Segera di Servis

Motor Harus Segera di ServisKapan Motor Harus di Servis ---Banyak hal yang terkadang menyebabkan pemilik sepeda motor terkadang lupa akan perawatan sepeda motornya. Mobilitas yang tinggi dengan kesibukan yang hampir menyita semua waktu, atau mungkin juga menganggap bahwa sepeda motor yang selalu mengantarkan kita hanyalah sebuah mesin. Ini kesalahan besar. Karena dampaknya akan berimbas kepada sang pemilik jika suatu saat sepeda motor yang ditungganginya ngadat ditengah jalan.

Parahnya lagi, kerusakan yang ditimbulkan akan berimbas kepada biaya yang harus dikeluarkan. Anda mau rudi waktu dan uang karena lalai merawat sepeda motor Anda? Oleh karenanya, jika dirasa sudah ada keanehan pada sepeda motor kita, maka harusnya motor segera di Servis. Dan berikut adalah Tips Mengenali Kapan Motor Harus Segera di Servis, agar kondisi sepeda motor kesayangan Anda tetap prima:

IKUTI BUKU PANDUAN PABRIKAN
Sesuai anjuran pabrikan, tiap 2.000 km, maka sepeda motor Anda harus di servis. Biar ditunggangi lebih enak dan nyaman. Lebih bagusnya tiap kali Servis sekalian ganti oli.
SUARA MESIN KASAR
Mesin kasar biasanya berasal dari setelan klep yang sudah kendur, rantai keteng yang mulai aus dan kendur, serta oli mesin yang sudah jelek atau terlalu encer.
MOTOR TIDAK MAU STASIONER ATAU LANGSAM
Ini terjadi akibat karburator kotor dan setelannya sudah berubah. Juga karena letikan busi yang sudah jelek. Meski setelan karburator bagus, tapi kalau businya jelek akibatnya stasioner juga tidak bagus.
MESIN BREBET
Mesin brebet saat putaran menengah dan putaran atas. Ini juga akibat karburator kotor dan busi jelek. Jika ini terjadi, segeralah Servis motor Anda.
BOROS DAN BERASAP HITAM
Konsumsi BBM boros dan keluar asap hitam dari knalpot terjadi lantaran filter udara kotor, mengakibatkan suplai udara ke ruang bakar tidak lancar. Akibatnya campuran udara dan bensin tidak tepat. Banyak bensin yang terbuang lewat knalpot dan berwarna hitam.
TARIKAN BERAT
Setelan klep yang mulai agak rapat akibat memuai, ditarikan awal besutan lebih berat dan lambat, tapi putaran atas kencang. Kebalikannya, bila klep longgar atau kendur, tarikan awal lebih enteng. Tapi di putaran atas terasa agak berat.
SUSAH DI START SAAT PAGI
Mesin susah hidup saat pagi terjadi akibat karburator kotor, busi kotor dan setelan klep berubah.
GETARAN MESIN TINGGI
Ini disebabkan setelan karburator tidak pas atau terlalu besar, setelan klep tidak pas dan baut mounting mulai kendur.
OPER GIGI AGAK KERAS
Lantaran setelan kopling tidak pas atau berubah, pengoperan gigi terasa lebih keras. Tarikan awal agak nahan. Pada putaran akak tinggi motor baru mau lari.
Akhirnya, semoga tips-tips diatas diatas bisa menjadi panduan bagi kita untuk mengetahui Kapan Motor Harus di Servis. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger