Memilih Ban Motor Untuk Kondisi Jalan Basah dan Kering

Memilih Ban Motor Untuk Kondisi Jalan Basah dan KeringTips Memilih Tipe Ban Motor Terbaik ---Perfoma sepeda motor saat di jalan tidak hanya terkait erat dengan kondisi mesin kendaraan, tetapi juga kondisi jalan dan jenis atau tipe ban motor yang digunakan. Kesalahan dalam memilih tipe ban yang tidak sesuai dengan kondisi jalanan, tentunya akan berakibat fatal. Tidak hanya akan menurunkan perfoma sepeda motor Anda tetapi juga akan membahayakan keselamatan pengendara.

Berbagai kasus tentang kesalahan dalam pemilihan tipe ban terbaik sesuai dengan kondisi jalanan sudah banyak kita lihat. Bahkan pemalap sekelas Mark Marquez sekalipun harus "mencium aspal" karena kesalahan penggunaan ban. Ini membuktikan, bahwa tipe ban yang tepat sangat dibutuhkan peda motor agar bisa melaju dengan baik dan juga bisa menjaga keselamatan pengendaranya. Lalu, adalah Tips dan Cara Memilih Tipe Ban Motor Terbaik untuk kondisi jalan yang basah atau kering?

Jika dilihat dari kondisi jalanan, pada dasarnya tipe ban itu bisa dibagi menjadi tiga bagian. Tipe ban basah atau Wet Tire, Tipe Ban Kering atau Dry Tire, dan juga Tipe Ban Wet Dry Tire. Lalu, Tipe ban motor seperti apakah yang terbaik untuk kondisi jalanan Indonesia?

Tips Memilih Ban Motor Terbaik

Memilih Ban Motor Untuk Kondisi Jalan Basah dan Kering
Sesuai namanya, ban tipe basah digunakan khusus untuk jalan yang kerap kali basah. Ban tipe ini biasanya memiliki banyak alur yang menjangkau hingga tepi ban. Alur ini berfungsi untuk membuang air saat ban berputar melewati jalan yang basah dan berair. Namun traksi ban ini akan menurun di jalanan yang kering.
Memilih Ban Motor Untuk Kondisi Jalan Basah dan Kering
Sebaliknya, ban tipe kering memiliki sedikit atau bahkan sama sekali tidak memiliki alur. Ban ini memiliki traksi terbaik saat digunakan pada jalanan yang kering. Namun traksi akan berkurang saat jalanan menjadi basah dan risiko terpeleset akan meningkat.
Memilih Ban Motor Untuk Kondisi Jalan Basah dan Kering
Sedangkan tipe ketiga bisa digunakan untuk kedua kondisi, baik basah maupun kering. Jenis ban inilah yang paling umum digunakan di Indonesia karena iklimnya yang tropis. Ban ini memiliki alur yang tidak terlalu banyak dan traksi yang bagus.
Jika dilihat dari penjelasan diatas, maka Memilih Ban Motor Untuk Kondisi Jalan Basah dan Kering bisa menjadi pilihan terbaik. Karena kondisi iklim Indonesia yang trofis, kadang hujan dan panas, tentunya akan sangat merepotkan jika memilih satu tipe ban saja. Walaupun begitu, Anda tetap harus mempertimbangkan kondisi dominan jalanan yang sering dilalui sepeda motor Anda.

Akhirnya, semoga Tips otomotif tentang Tips dan Cara Memilih Ban Motor Untuk Kondisi Jalan Basah dan Kering pada kesempatan kali ini bisa berguna bagi kita semua. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger