Tips Memilih Bengkel Mobil Yang Tepat

Tips Memilih Bengkel Mobil Yang TepatCara Memilih Bengkel Bodi dan Cat Mobil Yang Bagus ---Bengkel pada dasarnya berisi berbagai peralatan dan juga mekanik yang berpengalaman dibidangnya. Begitu juga yang terjadi dengan bengkel mobil. Secara umum bengkel mobil ini bisa dibedakan berdasarkan layanan, peralatan, dan mekanik yang ada di situ. Rata-rata produsen mobil akan memperkenalkan bengkel khusus mereka yang hanya menangani jenis mobil dengan merk yang sama. Bengkel seperti ini biasanya disebut bengkel Agen Pemegang Merek (APM).

Selain bengkel khusus APM diatas, ada juga jenis bengkel yang tidak membatasi klien dari jenis mobil tertentu. Segala merk mobil bisa masuk dan melakukan perbaikan di bengkel ini. Bengkel seperti ini disebut juga dengan bengkel umum. Salah satu kelebihan bengkel umum ini, selain bisa melakukan pengerjaan pada bodi dan cat mobil dari segala merk, harga jasa bengkel umum biasanya lebih terjangkau. Karena alasan inilah terkadang bengkel umum juga banyak peminatnya.

Bagi Anda pemilik kendaraan mobil yang lebih memilih bengkel umum dalam menangani pengerjaan bodi dan cat mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dan berikut adalah beberapa Tips dan Cara Memilih Bengkel Bodi dan Cat Mobil Yang Bagus dan Tepat, agar hasil yang Anda harapkan bisa tercapai.

Tips dan Cara Memilih Bengkel Bodi dan Cat Mobil Yang Bagus

Memilih Bengkel Cat Mobil Yang Bagus
Carilah Bengkel Bodi dan Cat Mobil yang banyak direkomendasikan atau dari referensi orang lain. Pengerjaan perbaikan bodi dan cat bukan hal yang dapat ditunggu. Secepat-cepatnya jenis pelayanan ini membutuhkan waktu untuk pengeringan cat minimal 5-9 jam. Demi hal tersebut tentu kita tak akan mempertaruhkan kondisi mobil ataupun menunggu dan mengamati sepanjang prosesnya.

Anda perlu mendapatkan referensi atau rekomendasi dari orang maupun sumber informasi lain untuk memastikan kualitas pengerjaan suatu bengkel. "Sekarang kan sudah ada Internet, manfaatkan saja untuk mencari segala info tentang bengkel tersebut, bila perlu tanya ke orang yang pernah mengerjakan perbaikan di bengkel tersebut," imbuh Freddy Hermawan dari Newface Auto Repair and Modification.
Bengkel Bodi dan Cat Mobil Yang Bagus pastinya memiliki fasilitas pendukung yang lengkap. Meski bukan hal nomor satu untuk mempertimbangkan pemilihan bengkel perbaikan bodi dan cat, namun perlu Anda perhatikan fasilitas yang dimiliki masing-masing bengkel. Sarana gedung dan workshop yang memadai dan bisa menampung jumlah mobil yang ditangani harus diperhitungkan. Tentu Anda tak ingin mobil ditelantarkan begitu saja sebelum atau sesudah proses perbaikan.

Fasilitas parkir dan ruang tunggu untuk pemilik mobil juga mengindikasikan kelengkapan fasilitas. Tentunya semakin lengkap dan bersih fasilitasnya, Anda pun kian nyaman saat menilai hasil yang usai dikerjakan oleh bengkel tersebut. karena sudah umum jika pasca perbaikan, selalu ada saja ketidaksempurnaan. Karenanya butuh ketelitian Anda dengan tenang ketika mengecek hasil pasca perbaikan.
Selain fasilitas, Bengkel Bodi dan Cat Mobil Yang Bagus pastinya memiliki peralatan perbengkelan yang lengkap. Umumnya ragam peralatan yang digunakan oleh tiap-tiap bengkel perbaikan bodi sama. Yakni alat untuk mengembalikan bentuk bodi, dan alat pengecatan. Yang membedakan adalah teknologi yang digunakan untuk proses tersebut. Bengkel bodi repair APM umumnya memiliki alat paling modern dengan teknologi paling mutakhir. Seperti Workshop Body and Paint Plasa Toyota yang terletak di bilangan Kranggan, Jawa Barat. "Fasilitas Body work and paint ini dilengkapi alat tarik frame yang dijaga tingkat presisinya pada saat penarikan frame, sehingga kerusakan berat pun dapat dikerjakan di sini," ujar Afi Prabowo, manajer operasional Plaza Body Paint. Untuk alat satu ini, tak banyak bengkel perbaikan mobil yang memilikinya, selain karena dibutuhkan ruang yang besar, kemampuan tinggi pekerja serta pemahaman akan kondisi asli mobil yang diperbaiki pun sangat penting.

Untuk pengecatan, Anda perlu mempertimbangkan alat oven yang dimiliki oleh bengkel tersebut. Ada dua jenis alat yang tampak seperti oven dan kerap mengelabui pemilik mobil. "Kalau benar oven, biasanya ada konsol kontrol dan pipa pembuangan di sampingnya, ini yang berfungsi mempercepat proses pengecatan dan menjaga kualitas pengerjaan, beda kalau sekadar ruang mirip oven, ini hanya menjaga dari debu dan angin saja, tanpa ada pemanasnya," pungkas Freddy. Sedangkan alat lainnya seperti perangkat PDR (paintless dent removal), palu karet, spray cat hanya berbeda merek dan hasilnya lebih ditentukan oleh kemampuan pekerjanya. Menurut Freddy hal terakhir inilah yang tak bisa dilihat sekejap, harus berdasar hasil dan informasi dari orang lain.
Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Tips dan Cara Memilih Bengkel Bodi dan Cat Mobil Yang Bagus dan Tepat pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger