3 Dampak Buruk Kesalahan Pengisian BBM Bagi Kendaraan

Kesalahan Pengisian BBMAkibat Mengisi Bensin Dengan Oktan Berbeda ---Setiap kendaraan, baik mobil ataupun motor memiliki rasio kompresi yang berbeda. Namun jika dilihat dari kemajuan teknologi yang ada saat ini, semua produsen tak lagi menggunakan kompresi rendah (di bawah 9,1:1) untuk alasan efisiensi bahan bakar dan kadar emisi yang lebih ramah lingkungan.

Hal yang perlu menjadi perhatian bagi pengguna kendaran, bahwa Hampir semua model baru yang dijual sudah wajib menggunakan bahan bakar dengan oktan minimal 92 sekelas Pertamax. Sebab rata-rata rasio kompresi yang dimiliki sudah di atas 9,1:1. Lantas. apa Dampak Buruk Kesalahan Pengisian BBM dengan oktan yang tidak sesuai Bagi Kendaraan?

Berikut adalah 3 Dampak Buruk Kesalahan Pengisian BBM Dengan Oktan yang tidak sesuai Bagi Kendaraan:

DAMPAK KESALAHAN PENGISIAN BAHAN BAKAR
  1. Kesalahan Pengisian BBM yang tidak sesuai tingkat otan-nya akan menyebabkan exhaust gas temperature dalam ruang bakar menjadi begitu panas. Tentunya kondisi tersebut tidak baik terutama untuk mesin karena kinerjanya jadi tidak maksimal.
  2. Kondisi panas tersebut memaksa ECU untuk mengucurkan bensin lebih banyak ke ruang bakar dan pengapian pun diturunkan. Proses tersebut terpaksa dilakukan untuk menjaga mesin tidak mudah jebol. Alhasil, efek yang terasa adalah penggunaan bahan bakar yang boros dan performa yang menurun.
  3. Untuk jangka panjang, Dampak Buruk Kesalahan Pengisian BBM Bagi Kendaraan adalah performa mesin akan terus berkurang dan juga penggunaan BBM akan semakin boros. Secara fisik bisa terlihat dari asap yang keluar dari knalpot mobil berbahan bakar bensin. Jika yang keluar asap hitam maka ada kecenderungan bensin boros. Namun jika yang keluar berwarna putih berarti kondisi mesin sudah parah karena adanya kebocoran kompresi di ruang bakar. Solusi satu-satunya adalah turun mesin.
Semoga Info Otomotif tentang 3 Dampak Buruk Kesalahan Pengisian BBM Dengan Oktan yang tidak sesuai Bagi Kendaraan diatas bisa menjadi perhatian bagi kita semua sebagai pemilik kendaraan. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger