3 Kategori Penurunan Harga Jual Mobil Bekas

Harga Jual Mobil BekasPenurunan Harga Jual Mobil Bekas ---Pada dasarnya, kendaraan khususnya mobil bukanlah jenis atau bagian dari investasi. Pembelian kendaran atau mobil harusnya mengacu kepada fungsi kendaraan tersebut sebagai alat transportasi. Karena setiap mobil yang dibeli dipastikan akan terus menurun nilainya setiap tahun, bukan sebaliknya.

Di negara-negara maju, konsumen yang membeli mobil hanya semata-mata untuk melengkapi sarana transportasi mereka. Mereka sadar bahwa mobil baru yang mereka beli akan turun harganya ketika dijual kembali saat mobil tersebut sudah menjadi mobil bekas (mobkas). Lalu, seberapa besarkan penurunan harga mobil bekas dibandingkan dengan harga beli barunya?

Berikut adalah 3 Kategori Penurunan Harga Jual Mobil Bekas, berdasarkan perhitungan kasar depresiasi nilai mobil baru yang sudah dibeli konsumen, seperti dibawah ini:
  1. Penurunan harga mobil bekas dari jenis kendaraan kelas murah sampai menengah seperti LCGC sampai Toyota Avanza, pada tahun pertama pembelian, nilainya sudah turun 7-10 persen dari harga beli. Artinya, Anda sudah mengalami kerugian sekian persen setelah menggunakan mobil tersebut dalam 1 tahun.
  2. Pada kategori mobil kelas menengah sampai atas ini seperti sedan mini sampai menengah atau sekelas sport utility vehicle (SUV). Untuk jenis mobil-mobil besar seperti ini, penurunan nilai bisa mencapai 10-15 persen di tahun pertama, terus menerus di tahun-tahun selanjutnya.
  3. Penurunan harga mobkas dari jenis kendaraan premium yang biasanya harga beli barunya di atas Rp 1 miliar. Untuk mobil-mobil seperti ini, penurunan nilai kendaraan justru lebih besar, bisa mencapai 20 persen pada tahun pertama. Apalagi ada ketentuan tidak tertulis, yang mengklasifikasikan Harga Jual Mobil Bekas premium dengan hitungan speedometer mobil tersebut. Jika angka speedo menunjukkan diatas 10.000 km, maka dipastikan mobil mahal Anda tidak laku.
Itulah 3 jenis pengkategorian penurunan harga jual mobil bekas atau mobkas yang perlu Anda ketahui. Semakin mahal harga mobil yang Anda beli. maka akan semakin banyak juga kerugian Anda ketika mobil tersebut dijual dalam keadaan bekas. Masih tertarik untuk menjadikan kenndaraan sebagai barang investasi? Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger