Fungsi dan Jenis Tutup Pentil Ban Kendaraan

Tutup Pentil Ban KendaraanTips Memilih Pentil Ban Yang Baik ---Pernakah Anda mengalami kejadian ditilang hanya karena tutup pentil ban? Mungkin terlihat sepele, namun walaupun sekecil itu, tutup ban pentil ternyata begitu penting bagi kendaran. Wajar jika polantas terkadang menilang kendaraan hanya karena tutup pentil ban. Lalu, sepenting apakah benda kecil ini bagi kendaraan?

Tutup Pentil Ban kendaran memiliki peranan penting dalam keselamatan berkendaraan. Fungsi dan jenisnya begitu beragam. Bagi penggemar modifikasi, tutup pentil ban menjadi salah satu item yang mendapat sentuhan. Lalu, apa sajakah Fungsi dan Jenis Tutup Pentil Ban Kendaraan?

2 FUNGSI TUTUP PENTIL BAN BAGI KESELAMATAN BERKENDARAAN
  1. Tutup pentil ban bertugas mencegah kotoran. Debu, air, atau bahkan lumpur yang masuk ke daerah pentil dapat merusak katup dan berbagai peranti di dalamnya (termasuk per, penonjok kecil, dan sil karet). Jika dibiarkan lama, dikhawatirkan timbul korosi yang menyebabkan katup bocor atau membuat sil karet getas. Alhasil, pentil akan rusak dan menimbulkan kebocoran halus. Karena tekanan angin ban sangat penting sehubungan dengan keselamatan berkendara, polisi juga memberi perhatian untuk bagian ini.
  2. Tutup pentil ban juga mencegah agar udara yang ada di dalam ban tidak keluar melalui celah kecil katup pentil. Andai pentil rusak pun, dengan adanya tutup, kebocoran masih bisa ditahan perlahan, tidak drastis membuat ban kempes yang tentunya akan berbahaya.
BEBERAPA JENIS TUTUP PENTIL BAN
Ada beberapa jenis tutup pentil ban. Paling sederhana dan mudah ditemui adalah yang berbahan plastik dan standar warna hitam seperti tutup pentil bawaan kendaraan yang baru kita beli. Hanya, model ini berpotensi getas dalam jangka waktu tertentu. Ada tutup pentil berbahan metal. Biasanya, di bagian dalam terdapat sil karet yang untuk menyumpal rapat lubang masuknya udara di pentil ban.

Ada juga tutup pentil ban dengan indikator tekanan angin. Bila indikatornya menyala hijau berarti tekanan angin normal. Jika warna kuning muncul tandanya tekanan angin berkurang. Merah, berarti ban tidak aman untuk dikendarai. Tutup pentil seperti ini tentunya akan memiliki harga yang lebih maha dibandingkan tutup pentil ban standar.

Selain itu, bagi penggemar modifikasi, ada juga tutup pentil ban dengan fungsi dekoratif. Tujuan utamanya sebagai pemanis yang mempercantik tampilan kendaraan. Modelnya macam-macam, dari kepala tengkorak, bola basket, dadu, dan sebagainya.
TIPS MEMILIH TUTUP PENTIL BAN
Dalam memilih tutup pentil ban kendaraan Anda, masalah bahan dan model tutup pentil sebenarnya bukan masalah penting. Hal yang perlu di cermati adalah mencari tutup pentil yang atau pas dengan lubang ban kendaraan Anda. Mau pilih jenis tutup pentil ban apapun, boleh-boleh saja. Yang penting fungsinya jelas...
Demikianlah artikel Tips dan Info Teknologi pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger