Tips dan Cara Menyetel Velg Motor Jeruji Yang Bermasalah

Tips dan Cara Menyetel Velg Motor Jeruji Yang BermasalahCara Menyetel Velg Jari-Jari ---Velg merupakan bagian kaki-kaki sepeda motor yang memiliki peranan penting sekaligus memiliki tugas yang berat dalam menopang beratnya sepeda motor plus beban diatasnya. Oleh karena itu, perawatan dan perhatian khusus terhadap velg ini perlu dilakukan agar tidak tidak hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca artikel sebelumnya tentang perawatan velg motor,
Tips Menjaga dan Merawat Velg Motor
Salah satu jenis velg yang biasa digunakan untuk sepeda motor adalah velg jeruji atau velg jari-jari. Velg jenis ini kekuatannya bergantung kepada kekuatan jari-jari yang dipasang melingkari velg. Jika jeruji ini kendur atau kekencangan, maka keseimbangan dan stabilitas velg akan terganggu. Lalu, apa fampak yang terjadi jika ada ketimpangan pada velg ini?

Salah satu dampak yang bisa dirasakan adalah menurunnya perfoma sepeda motor. Laju motor terasa tidak stabil dan susah untuk seimbang. Anda bisa melakukan tes sendiri dengan melepas stang motor saat berjalan. Maka laju arah motor bisa ke kiri atau ke kanan. Hal ini diakibatkan laju kendaraan timpang. Ketimpangan ini disebabkan ketimpangan antar roda akibat velg bermasalah.

Pada komponen sepeda motor sendiri, jika kerusakan pada velg jeruji ini dibiarkan akan menimbulkan kerusakan susulan pada komponen-komponen lain pada sepeda motor Anda. Beberapa kerusakan lanjutan yang mungkin terjadi seperti leher roda yang rawan rusak dan alur roda akan cepat habis. Oleh karena itu, perlu sekali untuk melakukan perawatan sesegera mungkin jika terjadi masalah pada velg jeruji sepeda motor Anda.

Dan berikut ini adalah beberapa Tips dan Cara Menyetel Velg Motor Jeruji atau Jari-Jari Yang Bermasalah pada sepeda motor Anda.

Cara Menyetel Velg Jari-Jari

Tips dan Cara Menyetel Velg Motor Jeruji Yang Bermasalah
Pada dasarnya Menyetel Velg Jari-Jari motor memang tidak terlalu ribet atau pun rumit. Cukup kencangkan atau kendurkan bagian jeruji yang sekiranya membuat velg kurang center. Atau jika memang ada lengkungan yang tidak normal, juga bisa dipukul dengan balok untuk meluruskan bagian yang cukup parah.

Apabila dirasa jeruji yang ada memang sudah tidak layak pakai tentu patut diganti dengan jeruji lain. Tentu yang setipe dan seukuran. Selain itu, adakalanya untuk tidak memaksakan jika ukuran jeruji tidak sesuai. Hal ini tentu saja akan sangat mempengaruhi kondisi velg motor Anda.
Itulah sedikit Tips Otomotif tentang Tips dan Cara Menyetel Velg Motor Jeruji atau Jari-Jari Yang Bermasalah pada sepeda motor Anda pada kesempatan kali ini. Semoga Bermanfaat dan Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger