Tips Membersihkan Bagian Kolong Mobil

Mencuci Bagian Kolong MobilCara Mencuci Kolong Mobil ---Bagian bawah mobil atau kolong mobil merupakan bagian terdekat dengan medan jalan ketika mobil melaju. Berbagai jenis kotoran bisa saja menempel pada bagian ini. Mulai dari unsur tanah, daun, plastik, hingga aspal pun bisa menempel pada bagian ini. Perlu diperhatikan juga bahwa air yang bercampur tanah yang menempel pada bagian kolong yang terdiri dari besi, jika dibiarkan begitu saja akan memicu korosi atau karat. Karena itu, Membersihkan Bagian Kolong Mobil merupakan hal wajib yang perlu dilakukan.

Di musim hujan, membersihkan atau mencuci kolong mobil perlu dilakukan minimal dua kali dalam seminggu. Ini dikarenakan intensitas kotoran yang menempel pada bagian ini bisa lebih banyak. Walaupun bagian kolong mobil akan gampang kotor lagi karena musim hujan, tetap saja harus dibersihkan. Karena dampak yang bisa ditimbulkan akibat air hujan ataupun kotoran ini sangat fatal bagi mobil Anda. Baca artikel sebelumnya tentang,
Dampak Air Hujan Terhadap Kerusakan Bagian Mobil
Dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mencuci atau membersihkan bagian kolong mobil seperti dibawah ini.

Cara Mencuci Kolong Mobil

Membersihkan Bagian Kolong Mobil
Posisi kolong yang berada di bagian bawah mobil memang membuat kita akan sulit untuk melihat ataupun membersihkan kotoran yang menempel disana. Karena itu, pilihlah tempat pencucian mobil yang memiliki lift. Ini sangat membantu karena bisa lebih detail dalam membersihkan celah yang sulit dijangkau pada bagian kolong mobil. Baca artikel sebelumnya tentang,
Setelah kolong mobil dibersihkan, jangan terburu-buru untuk diturunkan. Biasakan Anda mengecek terlebih dahulu dari depan ke belakang. Di sela-sela bumper umumnya sering masuk sampah seperti daun atau plastik saat menerjang banjir. Kotoran tersebut bisa menganggu sistem pendingin mesin dan kabin. Jangan lupa juga periksa sekitar roda mulai dari sela-sela pelek apakah ada kotoran tersangkut. Pun komponen shockbreaker apakah tidak alpa untuk dibersihkan agar tidak cepat merusak sistem suspensi.

Sambil melakukan pe­ngecekan kebersihan, Anda juga bisa sekaligus memastikan tidak ada yang rusak pada komponen di sekitar kolong mobil. Seperti as roda, karet di bumper, serta pelindung mesin. Penyambung antar komponen mekanis, umumnya dilindungi oleh karet. Perhatikan dengan seksama apakah ada yang robek atau tidak.

Beberapa tipe mobil ada yang melindungi mesin dengan penutup lantai. Biasanya untuk menempelnya menggunakan mur atau klep karet. Bentuknya seperti kancing baju sehingga terkadang mudah lepas bila terkena tekanan semprotan air ketika mencuci bagian kolong mobil.
Itulah sedikit Info otomotif Terbaru tentang Tips dan Cara Membersihkan atau Mencuci Bagian Kolong Mobil. Semoga bermanfaat dan salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger