Cara Memasang Knalpot Racing Motor Yang Benar

Cara Memasang Knalpot Racing Motor Yang BenarTips Memasang Knalpot Racing Motor Yang Tepat Sesuai Kebutuhan ---Sesuai dengan namanya "Knalpot Motor Racing" harusnya diperuntukkan untuk kegiatan racing. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendongkrak perfoma sepeda motornya agar bisa menang dipertandingan. Namun, peruntukkan yang semestinya tersebut kebanyakan diabaikan oleh pemilik sepeda motor yang memasang knalpot racing. Hal ini wajar karena sebagian juga memasang knalpot racing hanya untuk merubah penampilan atau memodifikasi sepeda motornya. Kedua alasan ini tetap saja masih wajar dibandingkan memasang knalpot racing hanya karena raungan suara yang dihasilkan.

Apapun alasan pemilik sepeda motor untuk memasang knalpot racing, baik untuk meningkatkan perfoma maupun untuk mempercantik tampilan sepeda motornya, atau hanya untuk menakut-nakuti pengendara lain dengan raungan suaranya, tetap saja harus mengacu kepada aturan yang benar. Jika tidak, akan banyak masalah yang terjadi terhadap mesin motor di kemudian hari. Tentunya hal ini tidak diinginkan karena percuma tampilan motornya bagus dan knalpot racing yang mahal, tetapi membuat mesin menjadi tidak stabil dan loyo. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menghindari hal demikian?

Hal yang pertama-tama perlu diperhatikan sebelum memasang knalpot racing pada sepeda motor adalah pemilihan jenis knalpot itu sendiri. Jika dari awal sudah menggunakan jenis knalpot yang salah, maka saat memasangnya pun akan timbul banyak masalah. Baca artikel sebelumnya tentang, Hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli knalpot racing. Silahkan baca artikel sebelumnya tentang merek dan jenis knalpot yang bisa Anda beli,
8 Knalpot Racing Lokal Terbaik Untuk Balap
Jika sudah mendapatkan knalpot yang sesuai, berikut adalah Tips dan Cara Memasang Knalpot Racing Motor Yang Benar, agar tujuan pemasangan knalpot itu sendiri bisa tercapai.

CARA MEMASANG KNALPOT RACING PADA MESIN STANDAR
Hal yang perlu diperhatikan saat ingin memasang knalpot racing di mesin sepeda motor standar adalah leher knalpot. Pilihlah leher knalpot yang sesuai dengan mesin standar. Jangan sampai memilih leher pipa terlalu besar. Ada ukuran tertentu pipa yang akan dipakai. Gunakanlah pipa diameter 23,5mm, ukuran ini lebih besar 4mm dari standar. Mengapa menggunakan yang lebih besar dari standarnya? karena knalpot freeflow atau knalpot racing memang harus diperbesar pipanya. Hal itu diperlukan supaya dapat menghasilkan tenaga lebih maksimal.

Khusus untuk memasang knalpot racing pada notor skuter, buatlah lekukan pada pipa dengan tetap mengikuti seperti bawaan motor. Pastikan lekukan yang dibuat tidak mempersempit lubang pipa.Jika lekukan itu menyebabkan lubang pipa menjadi sempit, ini akan menghambat arus gas buang, yang artinya juga berpengaruh kepada perfoma yang diharapkan. Sedangkan untuk motor bebek, Cara Memasang Knalpot Racing Motor Yang Benar adalah harus diubah dari aslinya. Leher bebek aslinya agak menekuk dalam. Usahakan leher pipa dibuat lurus sehingga power akan keluar lebih cepat dari gas buang.

Buat ukuran pipa memang sama antara motor skuter dan motor bebek, tapi di silencer berbeda. Untuk skuter, silincer lebih panjang, yaitu 25cm. Sedang untuk motor bebek tidak terlalu panjang, ukuran 17cm. Itu sudah termasuk corong atau saringan di dalam silincer.
CARA MEMASANG KNALPOT RACING UNTUK MOTOR BORE UP
Ketika motor baru saja di bore up atau di korek harian, perlu juga untuk memasang knalpot racing yang sesuai dengan mesin. Usahakan untuk memasang knalpot racing sesuai dengan diameter piston. Semakin besar piston yang dipakai, besar juga ukuran pipa leher knalpot yang dipakai. Untuk ukuran pipa leher motor bore up, harus lebih besar dari standar. Sebab, piston pasti sudah diganti. Maka, bagian leher pipa knalpot harus menggunakan ukuran 23,5mm, 26mm sampai 28mm.

Cara penerapannya, untuk motor skuter pipa diberi ukuran kecil hingga bertahap sampai yang uikuran besar. untuk bebek juga tetap sama, hanya ditambah 32mm dan 35mm. Jadi, di bagian pipa leher itu ada 5 ukuran pipa yang berbeda. Teknik las cacing sangat tepat digunakan untuk membentuk leher pipa dengan ukuran berbeda ini.
PERHATIKAN SARINGAN KNALPOT
Saringan juga bagian penting dari knalpot. Di bagian ini akselerasi juga dipengaruhi. Saringan knalpot bisa berupa pipa dan ram kawat. Untuk motor jenis skuter, tetap dikasih setengah-setengah. Supaya tidak terlalu los banget. Pada lubang belakang diberi saringan ukuran 36mm. Untuk motor bebek, ram kawatnya lebih pendek ketimbang pipa. Karena lehernya model lurus, jadi power cepat keluar. Diameter lubang belakang lebih besar 38mm.
Dengan menerapkan semua TIps dan Cara Memasang Knalpot Racing Motor Yang Tepat Sesuai Kebutuhan diatas, tentunya motor tidak hanya tampil beda, tetapi juga memiliki perfoma tinggi dan juga awet. Selamat Mencoba dan Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger