Cara Membersihkan Kaliper Rem Cakram Sepeda Motor

Cara Membersihkan Kaliper Rem Cakram Sepeda MotorTips Membersihkan Kaliper Rem Motor ---Rem merupakan salah satu komponen penting bagi sepeda motor. Keamanan dan keselamatan pengendara tergantung pada komponen motor satu ini. Jika ia bermasalah, bukan tidak mungkin akan sagat membahayakan keselamatan pengendara.

Rem pada sepeda motor bisa berupa rem cakram atau rem tromol. Masing-masing jenis rem ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun tetap saja fungsinya adalah untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Oleh karena fungsinya yang begitu vital ini, maka perlu bagi pengendara untuk melakukan perawatan secara teratur. Salah satunya adalah dengan Membersihkan Kaliper Rem Cakram jika terdapat kotoran yang bisa mengganggu kinerja rem.

Supaya kinerja rem cakram motor tetap pakem, harus rajin dirawat dan dibersihkan. Karena setiap kali Anda berkendara melewati jalan yang berdebu atau pun berlumpur, maka kotoran akan menempel pada piston dan kanvas rem. Jika kedua komponen tersebut tertutup kotoran, tentu saja kinerja pengereman juga akan menurun. Maka dari itu, bersihkan kaliper rem secara rutin.

Cara Membersihkan Kaliper Rem Cakram Sepeda Motor adalah dengan melepas kabel rem dan kaliper rem dari shock breaker. Lepas juga bantalan rem sebelum mulai membersihkan rem. Selanjutnya sikat bagian permukaan dengan sikat kawat atau kertas ampelas halus.

Setelah itu, semprot dengan menggunakan udara bertekanan tinggi untuk mengeluarkan sisa kotoran yang masih ada. Lalu keringkan hingga benar-benar kering. Lalu pasang kembali semua komponen rem yang sebelumnya telah dilepas. Pastikan untuk memeriksa kembali semua komponen yang sudah terpasang jika masih ada yang kendur atau kurang pas.

Semoga Tips Otomotif tentang Tips dan Cara Membersihkan Kaliper Rem Cakram Sepeda Motor ini bisa berguna bagi kita semua. Salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger