Faktor Penyebab dan Efek Knalpot Bocor Pada Sepeda Motor

Faktor Penyebab dan Efek Knalpot Bocor Pada Sepeda MotorPenyebab dan Dampak Knalpot Motor Bocor ---Knalpot pada sepeda motor memiliki beberapa fungsi yang membuatnya harus ada dan menjadi bagian penting dari sepeda motor. Yang jelas, keberadaan sistem pembuangan ini pada motor bukanlah hanya sebagai pemanis saja, tetapi berperanan penting dalam menjaga perfoma sepeda motor.

Keberadaan knalpot pada sepeda motor dapat meredam suara hasil ledakan di ruang bakar mesin. Tentunya tidak terbayang, bagaimana suara motor jika tanpa knalpot. Oleh karena itu, penting sekali bagi pemilik sepeda motor untuk melaklukan perawatan secara rutin pada knalpot motor. Hal ini diperlukan untuk menghindari knalpot menjadi berkarat dan bisa bocor dengan sendirinya jika dibiarkan.

Baca artikel sebelumnya tentang perawatan knalpot ini di,
Tips Perawatan Knalpot Motor Agar Tidak Berkarat dan Bocor
Selain kurangnya perawatan pada knalpot motor, ada beberapa faktor penyebab knalpot motor bocor lainnya yang harus diperhatikan.

Penyebab Knalpot Motor Bocor

Knalpot Motor Bocor bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah karena karat. Bagian knalpot yang berkarat akibat dari kotoran bercampur air kotor yang melekat terlalu lama pada knalpot bisa mengakibatkan korosi. Jika terlalu lama dibiarkan, bukan hanya bocor, kemungkinan knalpot akan berlubang pada akhirnya.
Proses kondensasi bisa juga menyebabkan Knalpot Motor Bocor. Kondensasi merupakan suatu kondisi luar dan dalam knalpot yang memiliki temperatur berbeda. Temperatur yang berbeda ini bisa memicu munculnya karat pada sistem pembuangan ini. Ada beberapa lingkungan yang bisa memicu kondensasi. Terutama pada daerah dengan kandungan garam yang tinggi, seperti daerah pantai.
Air yang mengendap dalam sistem pembuangan juga bisa menjadi Faktor Penyebab yang bisa memicu karat. Biasanya air akan mengendap jika motor sering berjalan dalam kecepatan rendah atau sering melakukan idling atau stationer.

Efek Knalpot Motor Bocor

Apabila knalpot motor bocor, banyak hal yang bisa terjadi pada keadaan motor kita terutama pada sisi perfoma. Kerusakan atau kebocoran pada komponen ini akan mengakibatkan suara bising saat motor dihidupkan atau tenaga motor yang berkurang.

Dari beberapa kasus yang terjadi, Efek Knalpot Motor Bocor bisa terasa seperti motor mati sendiri saat stasioner, terasa berat pada tarikan menengah, agak boros bbm, dan sering terjadi letupan kecil pada knalpot saat menutup gas. Jika semua Efek Knalpot Motor Bocor ini dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin juga akan berakibat buruk pada mesin di jangka panjangnya.
Itulah beberapa Faktor Penyebab dan Efek Knalpot Bocor Pada Sepeda Motor pada kesempatan kali ini. Semoga bisa menjadi referensi dan salam OtoZones!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger