Cara Mengatur Kekencangan Rantai Sepeda Motor

Cara Mengatur Kekencangan Rantai Sepeda MotorTips Setting Kekencangan Rantai Motor ---Sebagai komponen penting dalam menggerakkan roda sepeda motor, rantai memang perlu diperhatikan. Mulai dari membersihkan, merawat, melumasi, hingga mengatur kekencangan rantai sepeda motor, merupakan cara preventif yang bisa dilakukan agar rantai motor tetap awet dan tidak mudah berkarat.

Baca artikel sebelumnya tentang,
Tips Perawatan Rantai Sepeda Motor
Khusus untuk mengatur kekencangan rantai sepeda motor, sebenarnya memang terlihat agak sepele. Sekilas mungkin hanya terfokus kepada pengaturan kencang dan kendur rantai. Namun bukan itu saja, melakukan setting kekencangan rantai motor juga terkait dengan kelurusan roda belakang dan roda depan. Jangan sampai setelah mengatur kekncangan rantai, malah roda depan dan belakang tidak dalam satu garis lurus. Dampaknya, motor akan kehilangan keseimbangan saat berjalan.

Pengerjaan Mengatur Kekencangan Rantai Sepeda Motor sebenarnya memang direkomendasikan untuk dikerjakan oleh pihak bengkel. Biasanya, ketika Anda melakukan servis standar, setting kekencangan rantai motor juga menjadi salah satu pekerjaan mekanik. Namun bukan berarti Mengatur Kekencangan Rantai Sepeda Motor tidak bisa Anda lakukan sendiri.

Dan berikut ini adalah Tips dan Cara Mengatur atau Melakukan Setting Kekencangan Rantai Sepeda Motor, yang bisa kamu jadikan referensi untuk melakukannya sendiri.

Cara Mengatur Kekencangan Rantai Motor

Cara Mengatur Kekencangan Rantai Sepeda Motor
Saat Anda ingin mengencangkan rantai motor, pertama-tama longgarkan semua baut yang terhubung dengan proses ini. Yakni baut penjepit rantai, baut as roda belakang, baut No.17, baut pengatur ketegangan rantai dan baut No.10.

Setelah itu, guncangkan roda belakang hingga indikator kelurusan roda belakang dapat terlihat dan posisinya sama dengan roda depan. Selain itu, pastikan garis indikator sebelah kiri dan kanan berada pada posisi yang sama.

Kemudian kencangkan baut penjepit rantai secara perlahan, namun jangan terlalu kencang. Atur ketegangan roda belakang sesuai dengan standar motor Anda dengan mengatur baut No.10. Seusai itu, Anda dapat kembali mengencangkan semua baut.

Untuk catatan, pastikan baut No.17 terpasang kuat. Sebab baut ini menyangga roda belakang motor Anda. Jika baut ini dipasang terlalu longgar, bisa menyebabkan roda yang tidak stabil.
Itulah sedikit Tips dan Cara Mengatur atau Melakukan Setting Kekencangan Rantai Sepeda Motor pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger