Memilih Helm Motor Yang Tepat dan Aman Sesuai Fungsi

Memilih Helm Motor Yang Tepat dan Aman Sesuai FungsiTips dan Cara Memilih Helm Motor ---Helm motor termasuk aksesoris wajib yang harus dimiliki oleh setiap pengendara. Tidak hanya karena terikat akan aturan untuk menggunakan helm saat berkendara, juga dikarenakan helm memiliki fungsi dasar yaitu mengamankan kepala pengemudi dari benturan keras selama berkendara. Faktor keselamatan pengendara menjadi alasan utama keberadaan helm.

Selain karena fungsi dasar diatas, ada berbagai alasan juga mengapa helm motor menjadi aksesoris yang digemari. Ada berbagai jenis dan merk helm dipasaran yang bisa pengendara miliki. Banyaknya jenis dan model helm ini membuat pemerintah menetapkan aturan Standar Nasional Indonesia (SNI). Standar ini di klaim sudah memenuhi standar helm sesuai dengan fungsinya, yaitu pengaman kepala.

Apapun alasan keberadaan helm sebagai aksesoris wajib pengendara, tetap saja harus mengacu kepada fungsinya. Dan berikut adalah beberapa Tips Memilih Helm Motor Yang Tepat dan Aman Sesuai Fungsinya.

Tips Memilih Helm Motor

Pilihlah bentuk helm motor yang sesuai dengan fungsinya, yaitu sebagai pelindung kepala dengan bentuk yang memenuhi standar. Bentuk standar ini berupa cangkang luas yang keras untuk melindungi kepala. Selain itu, bentuk helm motor yang Anda pilih menyisakan ruang yang cukup untuk pandangan mata ke depan.
Jangan Memilih Helm Motor yang terlalu longgar atau terlalu sempit. Gunakan helm yang pas sempurna dengan kepala Anda. Cobalah helm motor tersebut dikepala Anda sebelum membelinya. Jika helm terlalu sempit, bisa jadi peredaran darah di kepala Anda bisa terganggu dan menyebabkan pusing, sesak napas, bahkan halusinasi. Helm yang terlalu longgar pun tidak akan memberikan manfaat sama sekali.
Pilihlah helm motor dengan mika helm yang bening dan nyaman untuk memandang kedepan. Jangan gunakan mika yang memiliki efek cembung atau cekung, karena dapat mengganggu kesehatan mata dan membuat membuat kepala pusing.
Selain beberapa hal diatas, jika Anda ingin Memilih Helm Motor Yang Tepat dan Aman Sesuai Fungsinya, maka pilihlah helm standar SNI. Helm standar SNI ini sudah memenuhi unsur keamanan dan fungsi helm itu sendiri. Dan jika Anda masih tertarik untuk memilih jenis helm untuk penampilan diatas motor, tetaplah mengacu kepada beberapa Tips Memilih Helm Motor diatas.

Semoga Tips Otomotif tentang Cara Memilih Helm Motor Yang Tepat dan Aman Sesuai Fungsinya ini bisa menjadi referensi bagi kita semua. Salam OtoZOnes!

Baca Tips dan Info Otomotif Lainnya:

Newer Post Older Post Kumpulan Tips dan Info Otomotif Terbaru
 

Copyright © 2015 Kumpulan Tips dan Info Otomotif | Powered by Blogger